Tahun Ini, Animo Masyarakat Mendaftar di SMKN 6 Makassar Sangat Tinggi


SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Kepala Sekolah SMKN 6 Makassar Drs. H. Amar Bachtiar sering melakukan sosialisasi kejuruan saat penerimaan siswa baru, sejak dua tahun terakhir ini. Hal tersebut dilakukannya untuk menarik minat peserta didik dan orang tua, agar bisa meningkatkan jumlah siswa.
Drs. H. Amar Bachtiar.

Usaha yang dikerjakannya pun berbuah hasil. Selama dua tahun adanya pengenalan ke masyarakat soal sekolah kejuruan, jumlah murid terus meningkat, dan berdampak positif pada jurusan yang ada di SMKN 6 Makassar, seluruhnya terisi dan tidak ada yang kosong.

Dia menyebutkan, animo masyarakat tahun ini sangat tinggi. Jika tahun lalu pendaftar sebesar 1.500 anak, kini bertambah 200 anak.

"Kurangnya ketidak tahuan masyarakat dalam informasi sekolah kejuruan, membuat orang tua enggan mendaftarkan anaknya di SMKN, serta bingungnya anak ketika mencari lapangan pekerjaan yang menjadi faktor lain. Namun setelah menjelaskan ke masyarakat banyak terkait kurikulum yang di pelajari, masyarakat akhirnya sangat berminat memasukkan anaknya," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, dulu di sekolah itu terdapat jurusan kosong atau tidak memiliki murid. Setelah di cari tahu penyebabnya, ternyata akibat kurangnya informasi ke masyarakat terhadap jurusan tadi. Lantas pihaknya fokus memberi info ke masyarakat terkait jurusan yang ada.

Dirinya menilai ketidak pahamanlah yang memberi stigma kepada orang tua tidak mendaftarkan anaknya. Setelah pihaknya rajin menjelaskan, jika SMKN tersebut memiliki peluang dalam menciptakan  lapangan pekerjaan, barulah mereka berbondong-bondong daftar ke SMKN.

Ia mengingat, pernah suatu ketika, sebelum menjabat Kepala Sekolah di SMKN 6, dirinya menemukan SMKN yang kurang peminatnya dan muridnya sedikit.

"Kita selalu bilang ke wali murid, kalau SMKN tempat pengembangan skil, jadi walaupun tidak menjadi pegawai, diharapkan anak-anak yang dibina mampu membuka lapangan usaha atau peluang baik untuk dirinya, dan juga bagi orang lain," tandas Drs. H. Amar Bachtiar. (ht)
 

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN