Nurdin Abdullah Ajak Sarjana Milenial Kembali ke Kampung Bangun Desa

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah (NA) mengajak lulusan sarjana yang telah menempuh pendidikan di perguruan tinggi baik di dalam negeri atau pun di luar negeri untuk kembali membangun kampung halaman mereka di desa.

"Selesai pendidikan kembali ke kampung untuk membangun sektor pertanian, perikanan dan peternakan serta mendorong sektor pariwisata sebagai sektor destinasi. Ini sebuah tantangan bagi kita. Saya percaya anak-anakku sekalian," kata Nurdin Abdullah saat menjadi Keynote Speaker saat meresmikan IDN Times Regional di Universitas Hasanuddin, Selasa (23/04/2019).

Suasana Peresmian IDN Times Regional di Universitas Hasanuddin

Tantangan Pemerintah Sulsel sendiri adalah bagaimana mensejahterakan petani dan nelayannya dengan potensi besar yang telah dimiliki.

"Kita punya pulau-pulau yang begitu luas di negara kita, negara kepulauan yang luar biasa, semua kita punya, tetapi kemiskinan masih ada di pesisir, ini tantangan kita," sebutnya.

Salah satu upaya yang dilakukan agar disparitas harga antara petani dan pedagang tidak besar. Minimal harga di tingkat petani tidak jauh beda dengan harga di tingkat pedagang. Inilah tantangan yang harus dilakukan, dengan mencoba membuat inovasi petani disejahterakan dan nelayan di sejahterakan. Keluarga petani dan nelayan sejahtera demikian juga dengan anak-anaknya.

Suasana Peresmian IDN Times Regional di Universitas Hasanuddin

Para lulusan ini juga didorong untuk dapat mengambil kesempatan dengan berlibur sambil bekerja di Australia, sekaligus transfer ilmu dari pengalaman mereka yang dapat diterapkan ketika kembali ke Sulsel.

Dijelaskan oleh NA, saat ini Provinsi Sulsel sedang membangun kerjasama dengan Australia dengan sebuah program berlibur sambil bekerja. Tahun ini kerjasama dengan pemerintah ini dengan kuota 1.000 orang dan dapat lebih dikembangkan.

"Itu bukan mencari duit tetapi membangun wawasan kita," ujarnya.

Dia juga menyampaikan, bahwa kaum milenial ini akan mengambil estafet kepemimpinan bangsa. NA menyebutkan, tahun 2045, diprediksi Indonesia akan masuk sebagai negara terkuat ke enam dunia.

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN