PkM Dosen FAI-UMI, Bekali Majelis Taklim Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah.

SOROTMAKASSAR -- Maros.

Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia (FAI-UMI), Dr. H. Abdul Rauf Assagaf, MPd dan Dr. Surani, SAg, MAg, melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) tahun 2020 kepada masyarakat dengan tema 'Manajemen Pembinaan bagi Majelis Taklim Assakinah melalui Pelatihan Penyelenggraan Jenazah', di Kelurahan Allepolea Kecamatan Lau Kabupaten Maros, Sabtu, (11/07/2020), sebagai bentuk implementasi Program Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan PkM Internal dosen UMI di bawah naungan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) UMI ini, mengadakan pelatihan yang diikuti 45 orang peserta, terdiri dari Imam Masjid, Imam Kelurahan, para pengurus dan anggota Majelis Taklim Assakinah Kelurahan Allepolea Kecamatan Lau, bertempat di Masjid Nurul Ittihad Hj. Asseng Taba Kabupaten Maros.

Peserta Pelatihan diberikan materi teori dan praktikum yang dibawakan Dr. H. Abdul Rauf Assagaf, MPd, yang juga sebagai Sekretaris LPkM-UMI. Mulai dari pengenalan tentang keutamaan mengurus jenazah dalam Islam hingga tata cara penyelenggaraan jenazah yakni memandikan, mengkafankan, menshalatkan, dan menguburkan. Setelah itu dilanjutlan dengan sesi tanjajawab yang pandu langsung oleh Tim PkM UMI.

Tim PkM-UMI Surani menyampaikan, dalam pengabdian masyarakat, para peserta dibekali pengetahuan dan keterampilan, khususnya para Pengurus dan anggota Majelis Taklim Assakinah. Sehingga diharapkan, dapat menambah pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam pelaksanaan penyelenggaraan jenazah di masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut Tim PkM UMI tetap memberlakukan protokol kesehatan bagi peserta dengan membagikan masker kepada peserta pelatihan, pemberian Hand Sanitizer/Antiseptic perbersih tangan sebelum masuk, dan menjaga jarak selama kegiatan berlangsung.

Sementara itu, Lurah Allepolea H. Abdul Azis Alimuddin, SIP, menyampaikan apresiasinya dan ucapan terima kasih atas program tersebut.

Dikatakan, pelatihan ini sangat dibutuhkan masyarakatnya dan secara langsung dapat menambah pengetahuan dan keterampilan tentang bagaimana mengurus jenazah dengan baik dan benar, terutama bagi masyarakat di Kelurahan Allepolea-Maros.

"Terimakasih kepada UMI karena telah menempatkan pelaksanaan PkM UMI tahun 2020 di Kelurahan Allepolea Kabupaten Maros. Semoga program ini dapat berkelanjutan dengan program-programi yg lain guna pemberdayaan masyarakat kami, khususnya ibu-ibu Majelis Taklim,” harapnya (*)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN