Mahasiswa University Of Afrika Sudan Jadi Pemateri Kajian Rutin Himaprodi KPI Unismuh Makassar

SOROTMAKASSAR -- Pangkep

Himaprodi KPI FAI Unismuh Makassar mengadakan kajian rutin online keilmuan skala internasional, dengan tema Paradigma Online Mahasiswa, menampilkan pemateri mahasiswa dari Internasional University of Afrika Sudan, Erwin Febriadi Hamzah, SSos, beberapa waktu lalu.

Kajian tersebut diikuti 257 peserta terdiri dari berbagai kalangan dan daerah. Mulai dari siswa SMP hingga ibu rumah tangga, bahkan dari daerah lain seperti Tasikmalaya, Buton, Ternate, Kendari¸ NTT, Palembang, Jakarta, Jawa Tengah, dan Riau. Selain itu, ada juga mahasiswa Internasional University Of Afrika Sudan, ikut berpartisipasi dalam kajian tersebut.

Ketua Majelis Tabligh dan Tarjih Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sudan ini mengatakan, mahasiswa memiliki kelebihan tersendiri, dibanding siswa SMP dan SMA, meski statusnya sama-sama pelajar.

Berbicara tentang mahasiswa, kata Erwin, berarti berbicara tentang pemuda, generasi, harapan bangsa, harapan ummat dan harapan agama. Mahasiswa memiliki peran dan fungsi sebagai agen of change dan agen social control.

"Selain menjalankan fungsi dan perannya, mahasiswa punya PR yaitu mengajak mahasiswa yang lain, yang apatis dan sebagainya untuk bisa diberikan pencerahan, ajaklah mereka dengan cara baik," tegas Direktur Program Radio Insania Makassar 2018 hingga 2019 ini.

Di akhir kajian, alumni S1 KPI Unismuh Makassar ini mengatakan, cara membangun motivasi dalam diri agar tetap semangat dalam berkarya di tengah kritikan yang kadang melemahkan hati, yaitu harus miliki karakteristik tidak mudah goyah.

Lanjutnya, karakteristik dan pandangan kokoh dalam menyampaikan kebenaran, maka tidak akan jatuh. Apalagi kalau kritikan tersebut bersifat membangun, justru akan membuat kita semangat lagi untuk berkarya. Islam telah menuntun bagaimana pemuda memiliki karakteristik agar menjadi kokoh dan tangguh.

"Pertama menjadi pemuda atau mahasiswa yang selalu menyeru kepada yanng hak dan kebenaran. Kedua mencintai Allah dengan penuh totalitas cinta-NYA," ungkapnya.

Erwin juga berpesan kepada peserta kajian untuk mendoakan bangsa dan negeri Indonesia ini agar cepat terlepas dari masalah dihadapi terutama masalah Covid -19. Dan semoga para tim medis selalu di beri kesehatan dan kekuatan merawat pasien yang teribas wabah penyakit.(Darma Yana Sara/red)

Semoga Allah SWT mengembalikan keadaan dan dapat beraktifitas seperti biasanya.

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN