Nadirah : Pentingnya Kolaborasi Sekolah dan Orang Tua Sebagai Kunci Keberhasilan Pendidikan Anak

Pin It


SOROTMAKASSAR -- Luwu Utara.

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Sabbang Selatan, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), selalu menyerukan pentingnya kolaborasi sekolah dan orang tua sebagai kunci untuk keberhasilan pendidikan anak.



Kepala UPT SMPN 1 Sabbang Selatan, Nadirah S.Pd, M.Si dalam sambutannya mengatakan, sekolah harus membuka pintu bagi orang tua agar mereka juga berperan dalam kesuksesan pendidikan, bentuk paling konkret yang bisa dilakukan adalah melalui pertemuan orang tua diruang guru.

Ia menyampaikan hal itu, Sabtu (14/09/2019) dalam kondusifnya sekolah tersebut yang berada di Desa Dandang, Kecamatan Sabbang Selatan.

Menurut Nadirah, pelibatan orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan berperan strategis karena yang paling berkepentingan terhadap kesuksesan anak adalah orang tua.

"Apalagi setelah di rumah, waktu anak paling banyak dihabiskan di sekolah atau dengan kata lain sekolah adalah rumah kedua. Oleh sebab itu, sekolah dan orang tua harus memastikan anak nyaman," ujarnya.

Ia menyampaikan, selain pertemuan tersebut antara pihak sekolah dan orang tua untuk membahas berbagai persoalan seputar proses pembelajaran dan kenyamanan siswa dalam kondusif dan kenyamanan sekolah dalam belajar.

"Jadi, para orang tua  diharapkan untuk berperan aktif menjaga, menasehati dan membimbing anaknya di rumahya," pesan Nadirah Kepala UPT SMPN 1 Sabbang Selatan.

Dengan adanya pertemuan ini antara guru, orangtua siswa dan warga sekitar sekolah mengharapkan siswa bisa termotivasi. Pada sisi lain, ia melihat saat ini masih banyak terjadi ancaman terhadap anak yang harus diantisipasi, baik dari tindak kekerasan, narkoba, pornografi, perilaku amoral, hingga tawuran.

Menurut dia, ancaman-ancaman seperti ini bisa diminimalkan jika sekolah dan orang tua berkolaborasi dalam mengawasi anak.

Sementara Kepala Desa Kampung Baru Mardianto Mangadi yang juga orang tua siswa mengharapkan untuk menghadirkan siswa yang tawuran untuk penyadaran dan membina karakter siswa itu.

"Caranya memanggil siswa yang bersangkutan dalam rapat tersebut, supaya siswa itu malu kepada orang tuanya," tukasnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Kanit Shabara Polsek Sabbang Aiptu Gervasius, Bhabinsa Serma Jasruddin, Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Wakasek bagian kesiswaan, guru-guru dan orang tua siswa. (yustus)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Video Channel

Malam Puncak Reuni Akbar Alumnismakara

,

SOROTMAKASSAR -- Makassar. Malam Puncak Reuni Akbar Alumnismakara - Claro Hotel & Ballroom Makassar

Selengkapnya...

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN