Rektor Unismuh Makassar Narasumber Seminar Nasional di IKIP Muhammadiyah Maumere NTT


SOROTMAKASSAR -- Maumere.

Rektor Unismuh Makassar Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE, MM, menjadi narasumber selaku pembicara utama pada seminar nasional diselenggarakan IKIP Muhammadiyah Maumere NTT, Sabtu (31/08/2019).


Seminar dengan tema "Kewirausahaan Menuju Masyarakat Industri Kreatif Berbasis Kearifan Lokal". Tampil selaku pemateri lainnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Maumere, Yosef Benyamin, SH.

Prof Rahman Rahim pada kesempatan itu menegaskan, perguruan tinggi wadah tepat menjadikan generasi muda yang cerdas. Mahasiswa dan lulusan jangan hanya jadi pencari kerja tetapi harus dibina jadi penyedia lapangan kerja.

"Para mahasiswa dan lulusan harus mampu membuka lapangan pekerjaan untuk bisa mengurangi jumlah pengangguran yang terus bertambah setiap tahun," tegas profesor pertama dosen yayasan Unismuh Makassar ini.

"Menciptakan kondisi itu, perguruan tinggi perlu memberikan mata kuliah tentang kewirausahaan, namun materi yang diberikan bukan hanya sebatas teori tetapi juga dalam bentuk praktek," ungkap doktor ekonomi Islam PPs-Unair Surabaya ini.

"Menanamkan jiwa dan semangat kewirausahaan di perguruan tinggi, perlu ditingkatkan dengan berbagai metode dan strategi agar membuat mahasiswa tertarik berwirausaha," ujar Dekan Ekonomi Unismuh Makassar pada masanya ini .

"Program yang dapat dilakukan mengembangkan minat kewirausahaan dengan pemberian mata kuliah kewirausahaan pada semua prodi. Pendirian lembaga kewirausahaan atau inkubator bisnis," ungkap Ketua Umum Kerukunan Keluarga Masyarakat Wajo (Kemawa).

Pengembangan program kewirausahaan mahasiswa, baik yang didanai sendiri kampus, maupun lewat kompetisi dari pemerintah.

"Program coaching dan pendampingan kewirausahaan, mulai dari star up, produksi, pengemasan sampai pemasaran serta program pemberian bantuan modal usaha bagi mahasiswa," pungkas Wakil Ketua APTISI Wilayah IX-A Sulawesi ini. (ulla-yahya)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN