UMI Tuan Rumah ON-MIPA, Turunkan Dua Orang Wakil Di bidang Fisika dan Biologi

SOROTMAKASSAR -- Makassar

Sebanyak 80 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia, hadir di Kampus Universitas Muslm Indonesia (UMI) Makassar, untuk mengikuti kegiatan Olympiade Nasional Matematika dan IPA (On-MIPA) ke-11 yang berlangsung dari tanggal 26 hingga 29 April 2019 mendatang.

Kegiatan yang dibuka Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti, Prof. DR. Ismunandar, petang (26/04/2019) tadi di Auditorium Al Jibra UMI Makassar, diikuti oleh 256 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, yang akan berkompetisi di ajang Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia. Program itu merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan(Belmawa) Kemenristekdikti, Prof. DR. Ismunandar, saat memberi sambutan (Foto : ist)

Dari sekian banyak peserta, UMI menurunkan 2 (dua) orang wakilnya untuk mengikuti kompetisi di bidang Fisika dan Biologi. Salah satunya adalah wakil mahasiswa dari Fakultas Teknik Jurusan Mesin, Muh. Imam Arif, untuk bidang Fisika.

Dalam Sambutannya, Dirjen Belmawa mengatakan, dengan kegiatan On-Mipa, diharapkan dapat menjadi ajang promosi guna meningkatkan ketertarikan peserta didik dibidang MIPA ke depannya.

"Dengan adanya kegiatan ini, tingkat ketertarikan peserta didik untuk menggeluti bidang Matematika dan IPA, kembali meningkat di masa mendatang. Sebab, selama ini peminat untuk bidang ilmu tersebut masih sangat kurang," tegasnya.

Atraksi pepe ka ri makka yang tunjukkan pada pembukaan On-Mipa di Auditorium Al Jibra UMI Makassar (Foto : ist)

Hal senada juga disampaikan Rektor UMI, Prof. DR. Basri Modding, SE, MSi. Kegiatan On-Mipa merupakan sarana untuk meningkatkan ketertarikan dibidang MIPA, sekaligus mempererat tali silaturahmi antar universitas se Indonesia.

"Para mahasiswa yang berkompetisi di bidang MIPA, diharapkan dapat menjalin persaudaraan sekaligus mempererat tali silaturahmi antar universitas," ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Rektor III UMI, Prof. Dr. H. LaOde Husen SH MH, selaku ketua panitia kegiatan On Mipa mengatakan, kegiatan On-Mipa 2019 merupakan program Kemenristekdikti untuk menggali potensi mahasiswa dan sebagai bahan untuk perbaikan mutu pendidikan tinggi khususnya dibidang MIPA.

Para peserta dari berbagai universitas se Indonesia yang siap bertanding di ajang On-Mipa 2019 (Foto : ist)

"UMI kembali di serahkan sebagai tuan rumah. Tentunya, dengan kepercayaan yang diberikan, insya Allah UMI bertekad untuk kembali mengulang kesuksesan, sebagaimana beberapa even sebelumnya yang dipercayakan kepada UMI selaku tuan rumah. Kesemuanya ini dan tentu dukungan oleh seluruh civitas akademika UMI dan Masyarakat Sulsel pada umumnya," tegasnya.

Salah seorang panitia kegiatan On-Mipa yang juga bertindak selaku tim penyeleksi internal UMI bidang Fisika, DR.IR. H. Arif Jaya, MT, mengatakan, di dalam kegiatan On-Mipa, juga akan dilaksanakan kegiatan Seminar Nasional khusus dibidang MIPA pada tanggal 28 April 2019. Seminar tersebut rencananya akan menghadirkan pembicara-pembicara dari Perguruan Tinggi Negeri Terkenal di Indonesia. Seperti, Nanang Suyanto dari Univeritas Gadja Mada (UGM) di bidang Matematika, Syamsul Rosid, PhD dari Universitas Indonesia (UI) di bidang Fisika, Prof. Purwatiningsih dari Institut Pertanian Bogor (IPB) di bidang Kimia, serta, DR. Ir. Miftahudin, MSi dari IPB dibidang Biologi. (zl)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN