WFH, Dewan Guru SDN Borong Lakukan Rapat Daring

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Merebaknya virus Corona di sejumlah daerah di Tanah Air, termasuk Sulawesi Selatan, sesuai imbauan pemerintah, pelaksanaan kegiatan kantor, dapat dilaksanakan dari rumah atau 'Work From Home' (WFH). Seperti yang dilakukan Dewan Guru SD Negeri Borong, yang melaksanakan kegiatan rapat daring dengan memanfaatkan aplikasi berbasis online, Jumat (27/03/2020).

Rapat Dewan Guru SD Negeri Borong, terasa berbeda dibanding hari-hari biasanya. Jika lazimnya mereka rapat tatap muka dalam ruangan yang sama, kali ini melalui online.

Rapat perdana diikuti 11 guru dengan menggunakan aplikasi zoom ini, dipimpin Kepala SD Negeri Borong, Dra. Hj. Hendriati Sabir, MPd. Moderator dipegang Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), M. Amin Syam, SPd, dan diikuti Hj. Rabiah, Andi Sumi, Andi Zubaedah, Hj. Eda, Evawaty Bahtiar, Andi Etty Cahyani, Neni Wahyuni, Hj. Hanida, dan Rosmiaty.

Hj. Hendriati Sabir, mengatakan, ada tiga agenda rapat yakni, Surat Edaran Mendikbud No.4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, pelaksanaan ujian sekolah, dan pelaksanaan ulangan harian dengan menggunakan google classroom.

M. Amin Syam, mengakui rapat dengan menggunakan perangkat teknologi, sangat membantu dalam situasi seperti sekarang. Dia mengatakan, ini merupakan bentuk kontribusi yang bisa dilakukan. Dimana setiap orang diajak tetap berada di rumahnya tetapi tetap bekerja, demi memutus mata rantai virus corona.

"Teman-teman juga mau tidak mau harus belajar mengikuti perkembangan zaman, yang menuntut pemanfaatan teknologi canggih dalam pembelajaran," ungkapnya usai menunaikan tugas sebagai moderator rapat.

Sejumlah guru tampaknya menikmati pengalaman pertamanya dengan membagikan suasana rapat mereka dalam bentuk status WhatsApp. Ini terbaca pada status Evawaty Bahtiar, Neni Wahyuni dan Rosmawaty. Mereka terlihat senang karena bisa tetap bekerja melaksanakan tugas, sekaligus bersilaturahmi dengan pimpinan dan rekan gurunya.

Salah satu guru Andi Etty Cahyani, SPd mengatakan, rapat dengan bertatapan langsung begitu menyenangkan. Sambil bertukar pendapat mereka juga bisa melihat suasana rumah dari teman-temannya.

"Alhamdulillah rapatnya menyenangkan karena kita muncul dengan wajah yang asli. Adami yang belum mandi, ada juga yang baru pakai mukena," ungkap Andi Etty dalam logat Makassar.

Meski begitu, katanya, apa yang dibahas dan ingin dicapai dalam rapat terpenuhi. Pemberlakuan social distancing, yang kini diubah oleh Badan Kesehatan Dunia, WHO, dengan physical distancing, memang tak harus menyurutkan produktivitas kerja. Apalagi bagi guru yang masih terus secara terjadwal melakukan pembelajaran daring, seperti dilakukan guru-guru SD Negeri Borong, Kecamatan Manggala, Makassar.

Beberapa guru mengalami kendala jaringan karena lambat loading sehingga tidak bisa turut serta.

"Semoga dalam rapat daring berikutnya makin bertambah pesertanya," harap Hj. Hendriati Sabir.(rk)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN