Rektor Unasman Ajak Emak Emak di Desa Arabua Polman Manfatkan Pekarangan Ringankan Beban Ekonomi Keluarga

SOROTMAKASSAR -- Polman.

Program Unasman Membangun Desa (PUMD) kembali di laksanakan di Desa Arabua Kecamatan Tutar Polman, Rabu (08/09/2021).

Selama berada di desa itu, Rektor Unasman Polman, Dr Hj Chuduriah Sahabuddin, M.Si dan rombongan menggelar pembuatan pakan permentase ternak dilanjutkan penanaman bibit sayuran secara simbolis dalam rangka pemanfaatan pekarangan rumah warga.

Dr Chuduriah pada saat penyambutan di desa mengajak para emak emak menanam sayuran dengan memanfaatkan pekarangan rumah masing masing guna meringankan beban ekonomi keluarga apalagi ditengah kondisi Covid 19.

"Ke depan Unasman siap setiap saat bekerjasama bukan hanya pada fakultas pertanian, tapi akan melibatkan pula 6 (enam) fakultas melakukan kolaborasi membantu percepatan Arabua menuju desa yang maju dan mandiri," ungkap Rektor.

Kedatangan Rektor Unasman disambut meriah penduduk Arabua dengan di iringi musik rebana dimainkan anak anak dan penyematan topi petani kepada Dr Chudiriah sebagai bentuk kebahagiaan warga Desa Arabua yang mayoritas petani.

Desa Arabua menurut doktor sosiologi PPs-UNM ini, merupakan bagian dari keluarga karena seringkali Annanggurutta KH. Sahabuddin, dan KH. Syibli Sahabuddin melakukan pengajian di Desa Arabua bersama jamaah Tarekat Qadariyah.

Kepala Desa Arabua, Anto, S. Hi, mengungkapkan rasa syukur atas kunjungan Rektor Unasman dan rombongan.

Unasman bagi warga desa Arabua merupakan perguruan tinggi terbaik di Sulbar. Selaku Kades Arabua meminta kepada rektor agar Arabia dijadikan desa binaan.

"Apalagi umur desa ini masih tergolong muda setelah mekar sejak 2010 dari induknya maka butuh dosen dosen yang bisa meluangkan waktu memberi edukasi serta masukan dalam hal membangun desa pemekaran ini. Desa Arabua butuh kontribusi pemikiran dari civitas akademika Unasman terkait pada bidang pertanian dan peternakan," katanya.

Dosen Pembimbing Lapangan PUMD Unasman Asri, S. KM, M. Kes, menambahkan, PUMD adalah bagian dari program Kemendikbud yaitu Membangun Desa.

Dosen dan mahasiswa serta masyarakat des berkerjasama dalam kemajuan desa. Lewat PUMD semua kalangan berharap apa direncanakan dan kerjakan bisa mencapai.

"Tujuan desa berbasis SDG's, ini adalah bentuk pengabdian mahasiswa tidak hanya menjadi mahasiswa kuliah dikampus tapi bagaimana mahasiswa mampu berkolaborasi dengan masyarakat desa," tandasnya.

Pada kegiatan praktek pembuatan pakan fermentasi ternak dipandu oleh Andi Tenri Bau Astuti Mahmud, S. Pt, M. Si dan Andi Fausiah, S. Pt, M. Si keduanya dosen Unasman Fakultas Ilmu Pertanian.

Tutut ikut dalam rombongan Rektor Unasman, Biro AUKU Unasman, Sulihin Azis, SS, M. Si, Ketua LPPM Basri, S. Kom, MT, DPL PUMD Unasman Desa Arabua Asri,S.KM.,M.Kes.

Selama di desa itu Rektor Unasman disambut Kades Arabua, Sekdes Arabua Poda, Ketua BPD Desa Arabua, seluruh kepala dusun di Desa Arabua, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Kelompok Tani Desa Arabua dan aparat Desa Arabua lainnya. (Abid/yahya).

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN