Buka Ta’aruf Mahasiswa Baru Ma’had Al Birr, Rektor Unismuh Ingatkan Pentingnya Kesungguhan dalam Belajar

SOROTMAKASSAR –- Makassar.

Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Prof Ambo Asse secara resmi membuka Ta’aruf Mahasiswa Baru Ma’had Al Birr Unismuh Makassar. Perhelatan akademik ini digelar di Masjid Subulussalam Al-Khoory Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Kamis, (09/09/2021).

Dalam sambutannya, Prof Ambo Asse lebih banyak memberikan motivasi dan membakar semangat mahasiswa agar sungguh-sungguh dalam belajar.

“Kalau dulu hanya Manjadda Wajada, Barang siapa yang bersungguh-sungguh makai ia akan mendapatkan hasil. Kalau sekarang perlu ditambah, Man Jadda Wajadda Wajada. Barang Siapa yang bersungguh-sungguh dan bersungguh-sungguh, maka ia dapat menuai hasil,” tandas nakhoda Unismuh Makassar ini.

Wujud kesungguhan itu, lanjut Ambo Asse, dengan mengurangi waktu tidur. “Saya waktu S2 dan S3, memang sengaja kurang tidur untuk belajar supaya bisa menuntuk ilmu dengan maksimal,” katanya.

Pentingnya kesungguhan dalam belajar juga ditegaskan Wakil Direktur Ma’had Al Birr Dr Muh Ali Bakri dalam laporanya. Meskipun model pembelajaran di Al Birr selama masa pandemi juga mengombinasikan antara model daring dan luring, namun Ali Bakri menegaskan, pihaknya tetap berupaya menjaga mutu dan kualitas pembelajaran.

“Berdasarkan evaluasi kami, pembelajaran tatap muka memang lebih efektif. Tahun ini, ada ratusan mahasiswa yang tidak naik kelas, karena belum berhasil mencapai capaian pembelajaran. Kalau sudah dua tahun tinggal kelas, maka kami harus mengucapkan selamat tinggal,” Ali Bakri.

Tahun ini, kata Wakil Mudir Ma’had Al Birr Unismuh ini, jumlah mahasiswa baru mencapai 376 orang. Sekarang ini tingal di asrama sebanyak 302 orang yang terdiri dari 120 orang putra, dan 182 orang putri. “Selanjutnya mereka akan dibina dalam asrama, sesuai pedoman pembinaan yang telah dimiliki Ma’had Al Birr.”

Sementara itu Direktur Ma’had Al Birr Lukman Abd Shamad Lc menyampaikan bahwa Ma’had yang dipimpinnya berupaya mewujudkan Kampus Islami dengan slogan ‘unggul dan berkemajuan’.

Menurut Lukman Abd Shamad, ada tiga pilar mewujudkan kampus Islami. “Pertama, Ubudiyah-Ruhiyah, memperkuat pondasi iman, dengan ibadah praktis sesuai putusan Tarjih. Kedua Intelektualitas, sebagaimana spirit Gerakan IMM, dan Ketiga, kreativitas,” urai pimpinan Ma’had Al Bir ini.

Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Dr Amirah Mawardi yang juga didaulat memberikan sambutan, mengingatkan sejarah Ma’had Al Birr yang merupakan ma’had pertama dari 20 Ma’had yang ada di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Ma’had Al Birr, katanya, telah berdiri sejak Amirah masih berstatus mahasiswa Unismuh Makassar.

“Selamat bergabung di Fakultas Agama Islam Unismuh Makassar. Kalian akan menjadi bagian dari sekitar 3000-an mahasiswa FAI Unismuh. Nanti pengukuhan Maba akan dilakukan bersama-sama pada tanggal 21 September di Balai Sidang Unismuh,” tandas Amirah.

Diakhir acara dilakukan pemberian penghargaan kepada mahasiswa berprestasi pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. (humas)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN