Dosen Prodi Elektro FT UMI Adakan PKM, Terapkan IoT Untuk Mengoptimalkan Keamanan dan Efisiensi Kelistrikan Sekolah

SOROTMAKASSAR -- BULUKUMBA

Penerapan Internet of Things (IoT) Sebagai Alat untuk Mengoptimalkan Keamanan dan Efisiensi Sistem Listrik Sekolah, menjadi tema yang dibawakan oleh Dosen Prodi Elektro Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (FT UMI), Ir. Bayu Adrian Ashad, S.T., M.T., pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK Negeri 6 Bulukumba, Rabu (18/09/2024).

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk seminar ini, dibuka oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 6 Bulukumba, Baharuddin, S.Pd., M.M, dan diikuti seluruh guru dan tenaga pendidik di sekolah tersebut.

Dalam pemaparannya, Ir. Bayu Adrian Ashad, S.T., M.T., menjelaskan peran penting IoT dalam menjaga keamanan serta meningkatkan efisiensi penggunaan energi listrik di sekolah. Hal ini menunjukkan, SMK Negeri 6 Bulukumba berkomitmen dalam mengadopsi teknologi-teknologi modern yang tengah berkembang dewasa ini.

Dijelaskan, teknologi IoT dapat digunakan untuk memantau dan mengontrol berbagai perangkat listrik di sekolah, seperti lampu, AC, dan alat-alat elektronik lainnya, melalui sensor dan jaringan internet. Dengan sistem ini, konsumsi energi bisa diatur secara otomatis berdasarkan kebutuhan, sehingga mencegah pemborosan energi dan memastikan bahwa alat-alat listrik tidak beroperasi di luar jam yang diperlukan.

"Selain itu, teknologi IoT juga mampu mendeteksi kerusakan atau potensi bahaya pada instalasi listrik dengan cepat, sehingga pihak sekolah dapat segera mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari kecelakaan atau kerugian yang lebih besar," paparnya.

"Melalui implementasi IoT ini, SMK Negeri 6 Bulukumba dapat menjadi contoh bagi sekolah lain dalam hal efisiensi energi dan keamanan sistem listrik. Teknologi ini sangat relevan di era Revolusi Industri 4.0 dan penting untuk diaplikasikan di lingkungan pendidikan. Bahkan, ini dapat membuka wawasan para guru mengenai manfaat teknologi IoT dalam dunia pendidikan, sekaligus memotivasi sekolah-sekolah lain di daerah Bulukumba untuk mengikuti jejak SMK Negeri 6 dalam mengadopsi teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan keamanan," harap Bayu Adrian Ashad.

Kepala Sekolah SMK Negeri 6 Bulukumba, Baharuddin menyampaikan, penerapan IoT di lingkungan sekolah merupakan upaya nyata untuk mewujudkan sekolah yang cerdas dan ramah lingkungan, di mana penggunaan energi listrik dapat dioptimalkan tanpa mengabaikan faktor keamanan.

"IoT tidak hanya akan membantu mengurangi konsumsi listrik secara signifikan, tetapi juga memastikan keamanan instalasi listrik sekolah dapat dipantau secara real-time. Ini adalah langkah penting menuju sekolah yang lebih modern dan efisien," ujar Baharuddin.

Acara ditutup dengan diskusi antara peserta seminar dan pembicara, di mana para guru menunjukkan antusiasme dan semangat untuk segera menerapkan sistem IoT di SMK Negeri 6 Bulukumba. (ramdaniah)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN