Kuliah Umum Sosiolog Dr I Ketut Yokobus : Bangun Toleransi Melalui Pendekatan Hibridisasi Wacana

SOROTMAKASSAR -- Poso.

Fenomena sosial yang berpotensi merusak keberagaman bangsa Indonesia dapat diminimalkan lewat Hibridisasi Wacana, guna menangkal wacana-wacana yang bersifat hoax dan provokatif. Hal ini disampaikan Dekan Fisip Unkrit, Dr I Ketut Yokobus STh., MSi, saat tampil membawakan kuliah umum berjudul "Membangun Toleransi di Tengah Kemajemukan Bangsa Melalui Pendekatan Hibridisasi Wacana", pada kegiatan penyambutan dan pengukuhan mahasiswa baru 2021 Universitas Kristen Tentena (Unkrit) Poso, Kamis 10 September 2021, secara virtual.

Doktor Sosiologi PPs-UNM ini menyatakan, lewat hibridisasi wacana, mahasiswa dapat memproteksi konflik lebih dini. Sebab hibridisasi merupakan strategi penyelesaian konflik bersifat soft power dengan memaksimalkan peran dan fungsi aktor dalam memproduksi dan mereproduksi wacana-wacana yg bersifat inklusif dan unggul.

"Endingnya, agar civitas akademika Unkrit mampu menerapkan di tengah keberagaman, kemajemukan, khususnya daerah tanah Poso. Karena daerah tersebut di kenal dengan daerah pasca konflik," harapnya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penganugrahan sertifikat mahasiswa berprestasi. Dimana, tiga mahasiswa Unkrit, berhasil memenangkan kompetisi Taekwondo, yang dilaksanakan Pangdam Patimura Papua lewat virtual dan diikuti 919 peserta.

Mahasiswa Unkrit berhasil menggodol piala masing-masing Fresto Anderson Takapente, meraih piala Emas, pada final mengalahkan 4 peserta lainnya. Selanjutnya, Feky Maila meraih perak, dan Reinal Torua memperoleh perunggu.

Ketua Panitia Maba 2021 Unkrit, Yessy Kristina Fentar SS , M.Pd menyatakan, bersyukur atas terdaftarnya 100 lebih mahasiswa baru.

"Masih ada beberapa mahasiswa dari pedalaman yang akan mendaftar. Mereka terlambat karena faktor pembatasan Wilayah, PPKM masa Covid-19," ungkapnya.

Pengukuhan mahasiswa baru ini dihadiri Rektor Unkrit, Yulian Taaha SE, MSi, Warek II Dr. Abdi Walenta SE, MM. Para dekan yakni, Dekan Fekon, Fajar Sangkide, SE., MM, Dekan FKIP Sepriyanus Rano Putra Tujuka S.Pd, M.Pd, Dekan Pertanian, Mariane Mamondol SP.,MSi, Kaprodi serta undangan lainnya. (Yosafat Tabasi)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN