Dr. Iqbal Sultan : Unhas-Unpad Samakan Pemahaman Pengelolaan Laboratorium Ilmu Komunikasi

SOROTMAKASSAR - Bandung.

Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Hasanuddin (Unhas), melalui Integrated Communication Laboratory (ICL) Unhas, melakukan Studi Banding ke Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Laboratorium Komunikasi sebagai Produsen Media Pembelajaran.



Studi banding hari ke-2  ini dilaksanakan dengan berkunjung ke Unpad pada Kamis (14/04/2022) di Jatinangor Bandung. Rangkaian studi banding ini dimulai dengan keberangkatan dari Jakarta pada pukul 08.30 WIB menggunakan bus pariwisata. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan mutu dan kompetensi lulusan.

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 4 jam, rombongan akhirnya tiba di Jatinangor Bandung tempat Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad berada. Rombongan studi banding disambut langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, SH, S.Sos, M.Si beserta para Wakil Dekan, para Ketua Departemen, para Manajer, para Kepala Program Studi serta para Kepala Laboratorium Komunikasi yang berlangsung pada pukul 13.00 WIB di Gedung Dekanat Ruang Rapat, Fikom Unpad.

"Ini adalah sebuah keberkahan di bulan suci Ramadhan dengan kedatangan saudara-saudara kami dari Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin, Makassar. Sebagai Fakultas Ilmu Komunikasi tertua di Indonesia (sejak 1960) kami punya tanggung jawab untuk selalu mendampingi dan mendukung setiap kegiatan pengembangan yang dilakukan oleh disiplin Ilmu Komunikasi di Indonesia khususnya Unhas,” jelas Dadang yang juga merangkap sebagai Ketua Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indonesia (ISKI).

Pimpinan rombongan studi banding, Dr. M. Iqbal Sultan, M.Si mantan Kepala Departemen Ilmu Komunikasi, yang juga santer disebut bakal meramaikan bursa Dekan Fisip Unhas periode mendatang, menyampaikan rasa terima kasih kepada Fikom Unpad yang menyambut dengan hangat dan terbuka.

“Selain silaturahim kepada saudara-saudara kami di Fikom Unpad, kami juga memiliki tujuan untuk belajar dalam pengelolaan laboratorium komunikasi sebagai wadah dalam memproduksi media pembelajaran. Karena kelak tanggung jawab laboratorium komunikasi di Unhas akan menjadi besar seiring tuntutan era Pendidikan yang berbasis multimedia dan digital,” tegas M. Iqbal Sultan.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemutaran video profil Fikom Unpad. Kemudian dilanjutkan dengan tour ke beberapa laboratorium komunikasi, antara lain Laboratorium Humas, Laboratorium TV, Laboratorium Komputer (CMC), Laboratorium Grafika, Laboratorium Radio, Laboratorium Fotografi, Studio TV Komunitas, Laboratorium Newsroom dan yang terakhir rombongan mengunjungi salah satu kelas hybrid yang dimiliki Fikom Unpad saat ini.

Dodo Mulyadi sebagai Manajer Sumber Daya Perencanaan dan Informasi Fikom Unpad yang memimpin tour laboratorium komunikasi menjelaskan bahwa ke-9 laboratorium komunikasi saling bersinergi satu sama lain dalam mendukung aktivitas pembelajaran berbasis produk bagi mahasiswa Fikom Unpad bahkan dengan mata kuliah kewirausahaan, laboratorium dapat berperan sebagai inkubator bisnis. Kemudian khusus untuk kelas hybrid tersebut didesain untuk mengakomodasi kelas pembelajaran selama masa pandemic covid 19 menggunakan metode kombinasi antara luring dan daring.

“Namun, tidak tertutup kemungkinan kami untuk menambah kelas-kelas hybrid serupa, karena tuntutan Pendidikan ke depan tetap akan menggunakan metode hybrid ini sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif meski pandemi Covid-19 berlalu,” terang Dodo. (*)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN