SD Inpres Panaikang II/1 dan SD Inpres Pampang II Adakan Vaksinasi Bersama

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Upaya pemerintah agar tercapai herd immunity atau kekebalan kelompok terus dilakukan. Salah satunya dengan memaksimalkan vaksinasi untuk anak usia Sekolah Dasar, sebagaimana tampak di SD Inpres Panaikang II/1 dan SD Inpres Pampang II, yang berada satu lokasi di Kompleks Wipayana, Jalan Urip Sumoharjo Km 4 Makassar, Senin, (28/03/2022) kemarin.

Untuk kali pertama, kedua sekolah itu melaksanakan kegiatan vaksinasi secara bersama-sama. Vaksinasi tersebut dilakukan oleh tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Pampang. Ada empat nakes yang bertugas pada hari itu, antara lain dr H Andi Amirawan Tantu dan Erna.

Erna menjelaskan, sebelumnya mereka sudah dua kali ke sini. Jadi, ini kunjungan yang ketiga. Bedanya, kali ini mereka mengkaver 2 sekolah sekaligus, yakni SD Inpres Pampang II dan SD Inpres Panaikang II/1. Vaksin yang digunakan adalah sinovac.

Kepala UPT SPF SD Inpres Pampang II, Nurnaningsih, S.Pd, MM dan Kepala UPT SPF SD Inpres Panaikang II/1, Bakhtiar, S.Pd, M.Pd, melihat langsung jalannya vaksinasi tersebut.

Erna melanjutkan, biasanya vaksinasi dijadwalkan langsung oleh Dinas Kesehatan Kota Makassar. Namun, kali ini vaksinasi dilakukan atas permintaan Dinas Pendidikan, yang menyurat ke Dinas Kesehatan, kemudian mereka turun.

Setiap anak yang datang, diantar orangtuanya. Ada juga yang ditemani gurunya. Ada yang datang, tapi ditanya terlebih dahulu kartu vaksin pertamanya. Ini bagi anak-anak yang akan diberikan dosis kedua. Karena lupa membawa kartu vaksin dan juga tidak membawa kartu keluarga (KK) maka diminta pulang mengambilnya.

Setiap anak yang akan divaksinasi, ditanya tentang kondisi kesehatannya serta kondisi fisiknya. Masih ada lagi pertanyaan, misalnya apakah sudah sarapan atau belum. Nakes benar-benar menerapkan prosedur sebelum anak divaksin.

Anak-anak juga diminta untuk mendaftar terlebih dahulu di sekolah guna penyesuaian data. Karena ada anak yang tidak ikut vaksin di sekokah tapi sudah ikut di puskesmas. Begitupun, ada anak yang mau ikut vaksin kedua tapi belum waktunya. Ada yang baru vaksin karena orangtuanya belum vaksin lantaran takut.

Nakes dari Puskesmas Pampang itu bercerita, mereka kadang lakukan video call untuk bisa dapat keterangan dan persetujuan orangtua. Karena orangtualah yang lebih tahu riwayat penyakit anaknya.

Sekarang, tambah Erna, sangat mudah mendapat layanan vaksinasi, karena bisa dilakukan di mana saja, sepanjang ada KK. Di Puskemas Pampang, layanan vaksinasi Booster dilakukan setiap Selasa dan Sabtu.

Anak-anak yang ikut vaksinasi terlihat tenang. Muh Azizul Syazwan, murid kelas 5A, SD Inpres Pampang II, mengaku biasa saat vaksinasi pertama. Kini dia sudah dua kali vaksin.

Talita, murid SD Inpres Pampang II, juga tak merasakan sakit saat divaksinasi. Katanya, rasanya hanya seperti digigit semut. Mestinya, murid kelas 4B itu masuk jam 12 tapi karena sudah divaksin maka diminta untuk beristirahat. Anak-anak yang sudah ikut vaksinasi memang diminta untuk beristirahat dan diingatkan agar jangan berlari-lari, supaya tidak capek.

Bakhtiar mengemukakan bahwa guru-gurunya sudah diminta melakukan pendataan, berapa jumlah siswanya, berapa yang sudah divaksinasi dan yang belum. Untuk yang belum, diminta agar ditanyakan, apa yang jadi kendalanya. Kalau ada yang punya riwayat penyakit maka harus dibuktikan dengan keterangan dokter.

Kegiatan vaksinasi yang mengambil tempat di SD Inpres Panaikang II/1 itu, terlihat agak santai karena tidak ada antrean. Petugas nakes sesekali mencicipi pisang, ubi talas, dan ubi kayu rebus yang disuguhi. Sehari sebelumnya digelar Festival Rebus oleh Pemkot Makassar. Sehingga, dapat dikatakan, suguhan hari itu sebagai wujud implementasi Festival Rebus. (*/rk)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN