Prof Akbar Silo: ITSBM Selayar Jadi Pusat Kaderisasi Kaum Muda Berprestasi

SOROTMAKASSAR -- Selayar.

Setelah cukup lama orang Selayar impikan kehadiran perguruan tinggi akhirnya terealisasi dengan peluncuran Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah (ITSBM) Selayar di Kota Benteng Selayar.

Tim Pengarah Pendirian ITSBM Selayar, Prof. Dr. Drs. Akbar Silo, MS, kepada media di Selayar beberapa hari lalu mengatakan, kehadiran perguruan tinggi ITSBM Selayar dapat menjadi pusat kaderisasi kaum muda berprestasi.

"Selain itu dengan kehadiran ITBSM Selayar, dapat menginspirasi pertumbuhan pembangunan multiplier effect (efek berganda) pada bidang ekonomi, sosial, budaya dan politik," tandas Direktur Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih Papua ini.

Sisi lain dari kehadiran ITSBM Selayar akan membantu Pemerintah Kabupaten Selayar dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

"IPM ini adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup. IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya," katanya.

Prof. Akbar Silo juga mengungkapkan, kehadiran ITBSM Selayar tentu memberi kesempatan dan peluang lebih dekat dan lebih muda bagi orang Selayar untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi.

"Merespon kampus baru ini ratusan cendekiawan asal Selayar yang menetap di seluruh Indonesia malah ada dari luar negeri secara spontan membentuk forum Jendela Akademik Selayar. Kehadiran forum ini tentu akan memotivasi dan mengarahkan agar perguruan tinggi dapat berjalan dengan tata kelola yang profesional. Selain itu, memberi masukan kepada pemerintah daerah Selayar untuk dapat lebih mengembangkan sumber daya alam dan sumber daya manusia," tegasnya.

Sosok Prof Akbar Silo, lahir di Pariangang Selayar 1959. Menyelesaikan pendidikan S1 di Fisip Uncen Papua. S2 Pascasarjana Unhas dan S3 Pascasarjana Universitas Padjajaran Bandung dengan bidang ilmu keahlian Administrasi Publik pada bidang ekologi birokrasi.

Dia juga cukup lama bergelut dengan bidang kinerja dan inovasi kelembagaan fasilitasi pemerintah dalam menumbuhkan pemberdayaan masyarakat Papua.

Seperti diketahui SK penyelenggaraan ITSB Muhammadiyah Selayar ini secara resmi diserahkan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi diwakili Kepala LLDIKTI IX Sultan Batara, Drs Andi Lukman, M.Si, kepada Ketua BPH
ITSBM Selayar, H.Saiful Arif, SH.

ITSB Muhammadiyah Selayar ini mengelola empat prodi yakni; Program Sarjana Teknologi Hasil Perikanan; Program Sarjana, Administrasi Kesehatan; Program Sarjana, Kewirausahaan dan Program Sarjana Ilmu Komputer. (*/yahya)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN