Kembali, UNM Sambut Maba PPs Tahun Akademik 2021/2022, Rektor : Ini Penerimaan Maba Terbanyak Sepanjang Sejarah UNM

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Universitan Negeri Makassar (UNM), dengan mengusung tema 'UNM Bergerak, PPs Berderap dan Mahasiswa Berkarya', kembali melaksanakan penyambutan mahasiswa baru Program Pascasarjana (PPs) UNM tahun akademik (TA) 2021/2022, di ruang theater lantai 3 Gedung Menara Pinisi UNM, Senin (30/08/2021).

Kegiatan yang berlasung secara luring dan daring via aplikasi zoom ini, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19, dihadiri Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, MTP, Direktur Pascasarjana UNM, Prof. Dr.H. Hamsu Abdul Gani, MPd, para wakil rektor, para wakil direktur, Dekan, Ketua Prodi, undangan lainnya, serta seluruh mahasiswa baru Program Magister dan Doktor di lingkup Pascasarjana UNM.

Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, MTP, IPU, Asean Eng, saat memberikan inspirasi akademik mengharapkan, ke depan kala UNM telah terakreditai internasional, ada mahasiswa mancanegara yang ikut bergabung di PPs UNM.

"Ini perlu digencarkan guna mengangkat reputasi UNM melalui program pascasarjana," harapnya.

Kemudian Rektor juga menyampaikan rasa bangganya dengan tema yang diusung PPs UNM, karena diaggap memiliki makna yang cukup mendalam.

Selain itu, jumlah capaian penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 yang menembus angka 10.982 mahasiswa, mulai dari S1 hingga S3.

"Jadi, ini adalah jumlah penerimaan mahasiswa terbesar yang diterima sepanjang sejarah IKIP hingga UNM, yang telah berusia 60 tahun," ungkapnya.

Selanjutnya, untuk proses perkuliahan, telah siap untuk dilaksanakan. meskipun via daring, sambil menunggu kondisi dan situasi.

"Untuk itu, kami senantiasa mengundang seluruh mahasiswa untuk vaksin. Dan bila capaian target telah memenuhi hingga 80 persen lebih, ada kemungkinan untuk dilaksanakan kuliah blended learning, atau belajar dua arah, baik jalur offline dan online," paparnya.

Dengan kondisi ini, Prof. Husain juga mengharapkan kepada seluruh mahasiswa agar memahami teknologi. Karena katanya, tidak akan berguna bila hanya memiliki intelektual yang tinggi, tapi tidak paham teknologi.

"Bila memiliki intelektual yang bagus serta menguasai teknologi, maka akan menghasilkan manusia yang mampu berkompetisi dan memenangkan persaingan. Hingga menjadi pewarna tersendiri dalam masyarakat secara global. Dan, dengan ikut digembleng di UNM, akan meghasilkan petarung yang mampu menjadikan sesuatu yang awalnya tidak mungkin, bisa menjadi mungkin," tegasnya.

Rektor kemudian menegaskan kepada seluruh pengelola PPs dan yang terkait di dalamnya, dalam melaksanakan tugas, tidak mempersulit dan menghambat proses yang dibutuhkan mahasiswa dalam penyelesaian studinya.

"Bila tak mampu dilakukan sendiri, maka sudah waktunya menggunakan tim kerja, sehingga semua bisa terjadwal dengan baik dan tidak menghambat penyelesaian studi mahasiswa. Untuk mengukur mutu atau kualitas, bukan hanya diukur dari satu ukuran saja, ada beberapa ukuran yang lainnya. Ini semua demi membantu teman-teman mahasiswa PPs dalam kelancaran studinya. Intinya, jangan sampai ada mahasiswa yang terhambat dan tertunda, hanya karena faktor yang tidak perlu," tegas Prof. Husain.

Sebelumnya, Ketua panitia palaksana penerimaan, Prof Dr. Danial MSi dalam laporannya menyampaikan, penerimaan mahasiswa baru dibagi dalam 3 (tiga) gelombang yang dimulai dengan tahap, pendaftaran, tes, dan pengumuman. Kemudian, menerimaan mahasiswa PPs dibagi dalam 4 (empat) jalur, yakni jalur reguler, jalur komunitas, jalur kerjasama, dan jalur riset.

Setelah melalui tahapan yang telah ditentukan, kata Danial, maka jumlah mahasiswa jalur reguler untuk S3 sebanyak 230 orang, dan S2 sebanyak 1027. Lalu untuk jalu komunitas S3 sebanyak 21 orang, dan S2 sebanyak 114. Sedangkan jalur riset sebanyak 6 orang.

"Keseluruh mahasiswa tersebut terbagi dalam 32 prodi. 10 prodi Doktor dan 22 Program magister," ungkapnya.

Ketelah kegiatan penerimaan berakhir, seluruh mahasiswa PPs, melanjutkan kegiatan pada prodi masing-masing. (zl)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN