CH. E. Fajar Sangkide, SE, MM : Dosen Jadi Media Transfer Ilmu, Teori dan Praktek

SOROTMAKASSAR -- Poso.

Pilihan menjadi dosen, menjadi salah satu cara CH. E. Fajar Sangkide, SE, MM, untuk melakukan transfer ilmu, teori, dan praktek kepada sesama manusia, dan bisa menjadi tujuan hidup.

Impian masa kecil Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Tentena (UNKRIT) Poso, CH. E. Fajar Sangkide, SE, MM, ingin menjadi seorang dokter. Pasalnya, profesi dokter di Poso dan sekitarnya pada tahun 1980-an, masih sangat langka. Sehingga terbetik dalam sanubarinya usai tamat SMA 1980, memilih mendaftar di Fakultas Kedokteran Unhas.

Kala itu, peminat calon mahasiswa memilih Fakultas Kedokteran Unhas cukup tinggi, mencapai 1500 orang. Dan saat hasil test diumumkan namanya tidak lolos.

Di tahun yang sama, dia memilih test di UKIP Paulus Makasar, Program Studi (Prodi) Teknik Sipil. Sayangnya, biaya perkuliahan di prodi tersebut relatif besar. Sementara pendapatan orang tua sebagai pendeta Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST), pas-pasan.

Maka rencana studi pada teknik sipil tidak dilanjutkan, dan memilih ikut tes pada D3 Akademi Akuntansi di YPUP Makassar sampai merampungkan studi pada kampus yang terletak di Jl. Andi Tonro Makassar ini.

Setelah merampungkan studinya, guna menambah ilmu dan praktek keterampilan kerja, Fajar Sangkide melamar kerja dan diterima jadi karyawan di kantor Akuntan Publik Barata & Co Makasar, kemudian ke PT. Astra International Tbk, Cabang Makassar dan beberapa perusahaan swasta lainya.

Pada tahun 2008, GKST merintis pembukaan perguruan tinggi swasta bernama Universitas Kristen Tentena.

Di masa masa awal rencana pembukaan perguruan tinggi itu, sebagai anak pendeta GKST, terpanggil untuk mengabdi di daerah sesuai dengan kompetensi dan pengalaman

Maka untuk mempersiapkan diri secara akademik dan keterampilan dalam mengelola perguruan tinggi, maka jenjang pendidikan dia lanjutkan dengan memilih lanjut S1 di STIE Wira Bakti Makassar dan S2 Management di PPs-STIE YPUP Makassar. Melanjutkan jenjang pendidikan, dijalaninya dengan kuliah sambil kerja.

Sejak 2011 meninggalkan kerja di perusahaan dan memilih jadi dosen di UNKRIT, kampus yang berada di Kecamatan Tentena wilayah Kabupaten Poso.

Hari-harinya dijalani dengan mengajar mahasiswa yang memilih Fakultas Ekonomi. Periode 2014-2016 diberi amanah jadi Wakil Dekan Fakultas Ekonomi. Sejak 2016 sampai saat ini menjabat selaku Dekan Ekonomi UNKRIT.

"Pilihan menjadi dosen untuk melakukan transfer ilmu, teori dan praktek, dengan tujuan hidup ini untuk sesama manusia," katanya. (yosafat/yahya).

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN