UIN Alauddin Makassar Sukses Gelar Seminar Kebudayaan  (Bagian 1)

SOROTMAKASSAR -- MAKASSAR,

Seminar Kebudayaan Menuju Kongres Kebudayaan Sulsel 2023 dengan tema “Menemukenali Nilai-nilai Budaya Sulawesi Selatan dalam Dimensi Religi” telah berlangsung di Gedung LT Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Alauddin Makassar, Kamis (13/04/2023).

Kegiatan ini terselenggara secara Kolaboratif antara UIN Alauddin Makassar (Fakultas Adab Dan Humaniora) dengan Panitia Kongres Kebudayaan Sulsel yang di support Lembaga Pengembangan Kesenian Dan Kebudayaan Sulswesi Selatan (LAPAKKSS), Yayasan Sulapa Eppae, dan Yayasan Aksara Lontaraq.

Dihadiri Dr. Firdaus M. Ag (Mewakili Dekan Fakultas Adab Dan Humaniora), Narasumber Prof. Dr. H. Abd. Rahim Yunus, MA (Guru Besar Bidang Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam), Dr. Andi ibrahim, S. Ag., S.S., M. Pd - Wakil Dekan 1 Fakultas Adab Dan Humaniora atau dikenal juga sebagai Dosen dan Budayawan, Dr. Abu Haif, M. Hum (Ketua Jurusan Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam FAH UIN) dan Moderator Chaerul Mundzir, M. Hum.

Turut hadir Panitia Kongres Kebudayaan Sulsel, masing-masing dari Tim Pengarah Yudhistira Sukatanya, Dr. Muh. Husni, M.Hum, Prof. Dr. Hj. Kembong Daeng, M. Hum, Dr. Sudirman, M.Si dan Jamal Andi. Dari Panitia Pelaksana Andi Abubakar Hamid (Ketua), Rachim Kallo (Sekretaris), Andi Saputra Maccirinna, S.H., M.Kn (Bendahara), Anggota Panpel A.Rahmat Mandasini, Andi Irfan Syam, S.S., M.Si dan Dewi Ritayana. Serta sejumlah mahasiswa dari Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Alauddin Makassar.

Agenda seminar dimulai menyanyikan Lagu Indonesia Raya, disusul sambutan Penanggungjawab Kongres Kebudayaan Sulawesi Selatan 2023 (rekaman video) Dr. H. Ajiep Padindang, SE., M.M, sambutan Dekan Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Alauddin Makassar (diwakili), pembacaan doa dan berlanjut seminar kebudayaan.

Dr. H. Ajiep Padindang, SE., M.M menyampaikan, ini merupakan sebuah gagasan besar dengan teman-teman seniman dan budayawan yang disambut baik pimpinan Universitas Negeri Alauddin Makassar dan secara khusus kepada Fakultas Adab dan Humaniora,

"Adanya sambutan baik ini karena ada keinginan yang sama bahkan sampai kepada tekad sama yang terbangun antara pimpinan Fakultas Adab dan Humaniora ketika tim kami mengunjungi dan bersilaturahim," ungkapnya.

“Saya ingin menyampaikan sebuah penghargaan bukan sekedar sebuah penghargaan biasa tetapi menangkap sebuah makna yang nilainya sama dengan tekad untuk merevitalisasi, mereaktualisasi bahkan vitalisasi nilai-nilai budaya Sulawesi Selatan yang amat religius,” sambung Ajiep Padindang yang juga Anggota DPD RI Dapil Sulawesi Selatan.

Lebih jauh Ajiep mengatakan, menurutnya di sinilah di kampus ini tempatnya untuk membicarakan gagasan Kongres Kebudayaan Sulawesi Selatan yang diluncurkan bersama dengan teman-teman, guna memberikan pemikiran dan mengkontribusi positif kepada pemerintah khususnya Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan.

“Pemprov selama ini kelihatannya di dalam kebijakan pembangunannya khususnya pembangunan manusia kurang menggunakan pendekatan atau hampir tidak berbasis dengan nilai-nilai budaya Sulawesi Selatan secara komprehensif. Mereka hanya mengartikan jika kesenian didukung itu sudah dianggap sebagai bagian daripada pengembangan kebudayaan,”kritik Ajiep soal kebijakan Pemprov Sulsel. (rk) (bersambung)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN