Interaksi Budaya LAPAKKSS – Dialog Budaya dan Pertunjukan Kesenian (Pertama)

Oleh: Rachim Kallo

Lembaga Pengembangan Kesenian Dan Kebudayaan Sulawesi Selatan (LAPAKKSS) kembali melaksanakan Interaksi Budaya Tutup Tahun 2022 dan dialog budaya dan pertunjukan kesenian. Kegiatan dengan Tema ”Vitalisasi Tradisi Sulawesi Selatan Menjawab Tantangan Kebudayaan”, Rabu (28/12/2022) di Baruga Benteng Somba Opu.

Seniman dan budayawan yang hadir diantaranya Dr. H. Aiep Padindang, SE., MM (Pembina LAPAKKSS), Yessy Yoanna Ariestiani,S.IP.,M.A.P.(Kepala UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu), Andi Abubakar Hamid (Direktur LAPAKKSS), Mahrus Andis (Penyair dan Kritikus Sastra), Andi Asruddin Patunru (Bulukumba), Drs. H. Burhamzah (Pendiri Teater Tiga – SMAN 3 makassar), Baghawan (Koroegrafer asal Jogya), M. Anis Kaba (pelestari budaya – literasi), Moch. Hasymi Ibraham (penulis/actor – sutradara), Ras Agafar (penyair – Maros), Idwar Anwar (penulis novel Lagaligo/sejarahwan), Rusdin Tompo (penggiat literasi), Ancoe Amar (sineas), M. Amir Jaya (penyair), Asia Ramli Prapanca (penyair – akademisi), Dr. Nurlina Syahrir, M.Hum dan penggiat kesenian lainnya.

Pemantik dialog budaya, Prof. Dr. Hj. Kembong Daeng., M.Hum (Pemertahanan pemanfaatan Aksara Lontaraq sebagai alat komunikasi dalam interaksi sosial budaya), Drs. H. ANDI AHMAD SARANSI.,M.Si. (Vitalisasi Aksara Lontaraq Menjawab Tantangan Kebudayaan Di Masa Depan) dan Drs. EDDY THAMRIN., MM.( Trend Budaya Digital dan Kreativitas Berkesenian memanfaatkan potensi budaya Makassar). Moderator Ishakim dan Dr. Asis Nojeng.
Tepat pukul 16.30 Wita, Master Of Ceremony (MC) Ria A. Abubakar H membuka acara dan menyampaikan rundown acara di sesi serimonial. Di awali, sepatah kata dari Direktur LAPAKKSS Andi Abubakar Hamid menyampaikan terimakasih kepada kehadiran seniman dan budayawan di Interaksi Budaya, terkhusus Dr. H. Ajiep Padindang, SE., MM yang mensuport sehingga kegiatan ini terselenggaran.

“Alhamdulillah, kegiatan hari ini sebagai ajang “silaturahmi” dengan kehadiran saudara-saudaraku dari berbagai daerah,”ujar Kak Abu panggilan akrabnya seraya menambahkan ke depan Lapakkss akan lebih berkembang dan akan kita tingkatkan lewat diskusi agar muncul ide-ide dari para seniman pun budayawan.

Yessy Yoanna Ariestiani,S.IP.,M.A.P.(Kepala UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu) dalam sambutannya mengajak seniman dan budayawan untuk “meramaikan” kawasan benteng somba opu. Sebagai pengelola, nanti kami fasilitasi.

Di segmen seremoni di tutup arahan Pembina Lapakkss Dr. H. Ajiep Padindang, SE., MM yang dirangkaikan Pidato kebudayaan Melepas Tahun 2022 dan Menyambut Tahun Baru 2023, dengan judul Budaya dan Politi Identitas. (bersambung*)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN