Dari Temu Karya Tari Indonesia 4 Kota, Ridwan Aco Angkat Karya Tari Berjudul "ARAH"

SOROTMAKASSAR -- MAKASSAR.

Panggung terbuka Benteng Fort Rotterdam Makassar berlangsung Temu Karya Tari Indonesia 4 Kota (Makassar, Surabaya, Solo dan Padang), Sabtu (16/07/2022) malam, yang di laksanakan Balla Mangkasara Makassar.

Sebelum penampilan dari 4 kota dimulai, penari-penari yang mengikuti worshop siang harinya (baca berita Dari Temu Karya Tari Indonesia 4 kota "workshop tari piring dan apresiasi tari -- www.pedomanrakyat.co.id) langsung dipentaskan dihadapan penonton dari akademisi, mahasiswa, seniman dan budayawan.

Diantaranya Dr. H. Ajiep Padindang, SE., MM, Andi Abu Bakar Hamid, Basri B. Sila, Asmin Amin, Andi Agung Iskandar, Yudhistira Sukatanya, Jamal Andi, Dr. Sudirman Muhammadiyah, Mandasini dan beberapa seniman lainnya.

Dari beberapa penyaji dari 4 kota, satu diantaranya penyaji asal Makassar, yakni Ridwan Aco yang mengangkat karyanya berjudul "ARAH".

Garapannya kali ini, Aco White sapaan akrabnya yang memulai merintis sebagai seorang penari dan koreografer tahun 1987, mencoba mengurai mengapa memilih judul Arah - Kita lahir ke dunia ini bukan atas kehendak kita sendiri..., tetapi semata-mata Ibadah, kehadiran kita sesungguhnya pada awalnya kita tidak mengetahui apa apa..., jangankan mengetahui tujuan hidupnya, tahu tentang siapa dirinya dan tempat hidupnya pun setelah bersosialisasi dengan orang lain.

"Manusia dalam naturnya ingin melanjutkan hidupnya namun terkadang mendapat masalah baik berhubungan dengan alam maupun dengan manusia bahkan dengan dirinya sendiri dalam menghadapi maut..., terkadang pada masalah ini manusia merasa dirinya lemah dan menginginkan pertolongan," sambung Aco pendiri Kelompok Tari Aco Dance Company pada tahun 1994 ini.

Dia menambahkan , pertolongan atas siapa kita harus berlindung....apa pada orang lain atau kepada Sang Pencipta...????

Koreografer / Penari Ridwan Aco "ARAH" yang dipentaskan semalam sebagai penyaji ketiga mendapat apresiasi dari penonton. Sejalan dengan pengalamannya baik dalam negeri maupun luar negeri.

Berikut sinopsis dan tim produksinya;
Sinopsis : Mencari aku dalam diri siapa aku di kehidupan ini kepada apa aku berserah diri. Koreografer / Penari Ridwan Aco / Aco White , Featuring Musik , Maskir _ El Alif Misbach _ ECha. (rk)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN