LAPAKKSS Laksanakan Evaluasi SN

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Lembaga Pengembangan Kesenian dan Kebudayaan Sulawesi Selatan (LAPAKKSS), siang kemarin (21/07/2020) di Sekretariat JL. Topaz Raya, Ruko Zamrud, Blok D20, Kelurahan Masale, Kecamatan Panakukang, Kota Makassar, melaksanakan rapat evaluasi untuk persiapan pelaksanaan Sesi Ngobrol SN#4, jumat (24/07/2020) mendatang. Sebelumnya telah terlaksana SN#1, SN#2, hingga SN#3.

Salah satu bahasannya evaluasi SN dari tim SN LAPAKKSS, yang terdiri atas, Yudhistira Sukatanya (Pengarah), Luna Vidya (Moderator), Jamal Andi dan Rachim Kallo (Narahubung), yakni teknis pelaksanaan hingga tujuan akhir -- penerbitan buku.

Seri Ngobrol LAPAKKSS sejak awal, berkapasitas 100 orang untuk ruang zoom, namun mengutamakan obrolannya bukan banyaknya peserta. Sehingga, menjadi pembeda dengan webinar lain yang di selenggarakan beberapa komunitas.

Apakah model ini akan di ubah dengan mengejar jumlah peserta, apa tidak sebaiknya di selesaikan sampai SN#5 sesuai target untuk menulis buku? Kalimat kutipan ini mencuat dalam rapat. Luna Vidya menanggapinya, kita tidak mau mengejar banyak orang, dan kita juga tidak mau obrolan satu arah. Paling tidak, narasumber satu-satunya kebenaran, dan kemudian ada panelis – orang-orang tertentu yang menanggapi.

”Konsep kita adalah Ngobrol. Dimana semua peserta yang ikut di setiap SN bisa ngobrol, ikut nimrung bicara. Menjadi narasumber itu bukan satu-satunya kebenaran untuk di dengar, namun pemantik diskusi yang memberi bingkai pembicaraan," sambungnya.

Luna menambahkan, kalau pembicaraan melenceng dari konteks yang dibicarakan, di situ tugas moderator untuk merangkumnya saja. Tidak usah membenar-benarkan satu orang saja tapi mengumpulkan sedapat-dapatnya, apa yang di obrolkan. Sehingga, pembicaraan tersebut akan dibawakan lagi di SN berikutnya, karena setiap SN tidak pernah di tuntaskan.

Menurut Yudhistira Sukatanya selaku pengarah mengatakan, style ini jangan di rubah sampai SN#5, karena telah menjadi model. Pencapaian akhir yakni menulis buku, seperti rangkuman pemikiran dari LAPAKKSS.

Dalam rapat itu, di sepakati, setiap peserta akan di berikan Tor SN#4 dan link ID, agar setiap orang peserta sudah punya frame work sebelum mengikuti seri ngobrol virtual lapakkss. (rk)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN