Muhammad Akil: Pengetahuan Selama Kuliah di UNITAMA Jadi Modal Memasuki Dunia Kerja

SOROTMAKASSAR -- MAKASSAR.

Sejak STMIK AKBA beralih status menjadi Universitas Teknologi Akba Makassar (UNITAMA) April 2022, untuk pertama kalinya pada Kamis 15 Desember 2022 menggelar wisuda sarjana ilmu komputer bagi 186 alumni di Hotel Claro Makassar. Para wisudawan itu terdiri atas 63 sarjana ilmu komputer prodi S1 Sistem Informatika serta 123 Sarjana Ilmu Komputer Prodi S1 Teknik Informatika.

Ketua Yayasan Kartini membina UNITAMA, Muhammad Akil, pada sambutan wisuda menegaskan, keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh selama menjalani proses perkuliahan semoga dapat menjadi modal dalam memasuki dunia kerja. Dia juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati atas pencapaian dan prestasi yang telah diraih di kampus UNITAMA.

Juga ucapan yang sama disampaikan kepada kedua orang tua dan keluarga para wisudawan karena prestasi yang dicapai para alumni tidak terlepas dari kerja keras dan doa dari para bapak dan ibu wisudawan dan wisudawati.

"Wisuda bukanlah seremonial tetapi merupakan pertanda keberhasilan wisudawan menjalani proses studi yang panjang dan melelahkan sampai akhirnya meraih gelar akademik. Keberhasilan yang diraih hari ini tidak lain adalah awal momentum mewujudkan masa depan yang dicita-citakan. Langkah selanjutnya setelah keluar dari ruang wisuda ini adalah memasuki dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat," tegasnya.

Kepala LLDIKTI IX, Drs. Andi Lukman, M.Si diwakili Analis Kepegawaian Ahli Muda, Ramli, S.Sos, M.Si pada sambutannya, mengingatkan para pembina dan ketua yayasan serta para pengelola agar dapat bersinergi dengan baik memajukan perguruan tinggi sehingga bunga bunga konflik dapat dihindari.

Ramli juga mengajak para civitas akademika UNITAMA melakukan perbaikan sistem pengajaran, mengembangkan kurikulum sesuai kebutuhan masa kini agar para alumni yang dihasilkan dapat terserap pada lapangan kerja.

"Status akreditasi kelembagaan dan program studi harus senantiasa menjadi perhatian para civitas akademika wajib dilakukan dan diperhatikan karena akan menjadi tolak ukur dalam tata kelola perguruan tinggi," katanya.

Rektor UNITAMA, Dr. Askar Taliang, M.Si pada laporan akademik mengatakan, prosesi wisuda yang digelar sejak kampus beralih status jadi universitas merupakan pertanggungjawaban akademik kepada masyarakat bahwa proses akademik telah berjalan dengan baik.

Sejak mulai beroperasi dari status AKBA, STIMIK dan jadi UNITAMA, alumni yang dihasilkan telah mencapai 2.611 orang dan prosesi wisuda hari ini telah mencapai yang ke-24.

Rektor Dr Askar pada kesempatan itu berpesan kepada para wisudawan agar menjadi insan insan yang tidak melupakan orang lain yang berjasa dalam proses penyelesaian studinya.

Selain itu juga dipesankan, agar para wisudawan jangan pernah berhenti belajar karena perkembangan ilmu dan teknologi cepat mengalami perkembangan sehingga ke depan para wisudan tidak tergilas oleh zaman.

"Wisuda hari ini merupakan kalender akademik yang rutin dilakukan berkat kerja keras dan dukungan dari seluruh civitas akademika yan senantiasa memberi pelayanan sejak dari awal dan semoga ini dapat menjadi kenangan di kemudian hari," jelasnya.

Saat ini ada 52 dosen tetap yayasan dan sudag ada 29 yang telah mendapat sertifikasi dosen dari pemerintah. Saat ini ada 17 dosen yang sedang merampungkan studi S3 pada program doktor di dalam dan di luar negeri termasuk di Unhas, UNM, ITS, Universitas Negeri Malang dan di Jepang.

Ketua Yayasan Kartini, Muh Akil pada kesempatan itu mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati atas pencapaian dan prestasi yang telah diraih di kampus UNITAMA.

Juga ucapan yang sama disampaikan kepada kedua orang tua dan keluarga para wisudawan karena prestasi yang dicapai para alumni tidak terlepas dari kerja keras dan doa dari para bapak dan ibu wisudawan dan wisudawati.

"Wisuda bukanlah seremonial tetapi merupakan pertanda keberhasilan wisudawan menjalani proses studi yang panjang dan melelahkan sampai akhirnya meraih gelar akademik. Keberhasilan yang diraih hari ini tidak lain adalah awal momentum mewujudkan masa depan yang dicita-citakan. Langkah selanjutnya setelah keluar dari ruang wisuda ini adalah memasuik dunia kerja dan kehiduoan bermasyarakat. Keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh selama menjalani proses perkuliahan semoga dapat menjadi modal dalam memasuki dunia kerja," terangnya.

Mahasiswa Berprestasi

Dalam acara wisuda sarjana ke-24, UNITAMA juga mengukuhkan wisudawan terbaik Bidang Akademik. Untuk Program Studi Sistem Informasi, yakni Rusmayani, S.Kom. ( terbaik I ), Erwin, S..Kom ( terbaik II ) serta Andi Amalia Arsyad, S.Kom ( terbaik III ).

Untuk Prodi Teknik Informatika, yakni Wahdania Nurarfiani Ashari, S.Kom ( terbaik I ), Ahmad Zulvikar S, S.Kom ( terbaik II ), serta Romi Yulianto, S. Kom ( terbaik III ).

Sedangkan wisudawan berprestasi untuk non akademik yang juga mendapatkan penghargaan dari universitas, yakni Ahmad Zulvikar S, S.Kom ( penerima hibah PKM - GFK Kemdikbud, penerima hibah internasional IEEE HAC, Gold Rank Idea 1000 Start Up Nasional ).

Prudence Particia Hieroploise Palinggi, S.Kom ( Nasional University Debating Championship ( NUDC ) ) 2021. Pratiwi Handayani, S.Kom ( Juara 3 Kumite Putri No. 50 Kejurda Lemkati Piala Ketua Umum Forki Sulsel, Juara 3 Kumite Beregu Porda XVI Sulsel ).

Andika Febriansyah, S.Kom ( Peraih medali Silver kategori penyanyi Solo 2nd Budidarma English Festival 2021. Erwin, S.Kom ( Peraih Medali Perunggu Kategori News Casting 2nd Budidarma English Festival 2021.

Hafidz Aris Mujahidin, S.Kom (Penerima Hibah Program PKM - GFK tahun 2020, Penerima Hibah PKM GFK tahun 2021 serta Alda Yunita, S.Kom ( Lomba Peksimida Tangkai Lomba Lagu Pop Solo Puteri se- Sulsel. (yahya)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN