Tim PKM UMI Latih Cara Olah Limbah Bulu Ayam Jadi Panel Dinding di Borisallo Gowa

SOROTMAKASSAR -- GOWA

Tim dosen Universitas Muslim Indonesia, melalui Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM), mengadakan pelatihan pengolahan dan pemanfaatan limbah bulu ayam menjadi panel dinding ramah lingkungan kepada warga Desa Borisallo Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa, Selasa (06/12/2022) kemarin.

Tim dosen UMI yang diketuai Dr. Ir. H. Ansarullah, ST, MT dari Prodi Teknik Arsitektur UMI dan anggotanya Ir. Nasrah Arsyad, ST, MSi dari Prodi Teknik Arsitektur UMI, dengan mengikutsertakan mahasiswa, melaksanakan kegiatan pelatihan kepada warga di Kantor Desa Borisallo.

Ansarullah mengatakan, selama ini limbah bulu ayam dari hasil pemotongan ayam, berserakan dan menumpuk di halaman rumah warga. Untuk memusnahkannya mereka membakarnya, namun langkah tersebut sebenarnya bukanlah metode yang aman bagi lingkungan. Bahkan, ada juga diantaranya yang membuang limbah tersebut ke sungai. Ini akibat kurangnya pemahaman akan potensi limbah bulu ayam. 

"Untuk itu, kami dar UMI memberikan pemahaman dan pelatihan terkait cara memanfaatkan dan mengelola limbah bulu ayam menjadi material panel dinding bangunan yang bisa langsung diaplikasikan oleh warga, untuk dimanfaatkan sebagai dinding ruangan. Dan selanjutnya, warga akan mampu membuatnya sendiri dan menjadi industri rumahan yang bisa membantu meningkatkan sosial ekonomi warga," jelasnya.

Dalam pelatihan tersebut, lanjutnya, warga dilatih mulai dari cara mengumpulkan, mencuci, mengawetkan hingga membuat panel dinding dari limbah bulu ayam.

"Di dalam kegiatan tersebut, warga juga dilatih tentang cara menata dan mencampurkan bahan-bahan pendukung lainnya di dalam suatu wadah cetakan," imbuhnya.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut, warga yang didominasi ibu-ibu rumah tangga ini sangat antusias mengikuti pelatihan dan merasa sangat termotivasi untuk melakukannya sendiri untuk dijadikan sebagai industri rumahan. (zl)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN