Mahasiswa KKP Fisip Unismuh Gelar Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat Kelurahan Biraeng Pangkep

Laporan: Andi Ahmar Ihwal Ikhsan
Kordinator KKP 2202 FISIP Unismuh Makassar Kelurahan Biraeng Pangkep

SOROTMAKASSAR -- PANGKEP.

Salah satu program kerja mahasiswa KKP 2022 FISIP Unismuh Makassar yang berlokasi di Kelurahan Biraeng Kecamatan Minasatene Pangkep berhasil direalisasikan yakni melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi masyarakat. Kegiatan ini terlaksana pada Selasa 22 Nopember 2022 di Poskesdes Belae, Biraeng Pangkep.

Pemateri pada sosialisasi itu adalah mahasiswa KKP FISIP di Biraeng yakni, Lailyyati Ba'diatil M.G, Ainun Afrianti dan Mutiara Islam.AR, dengan peserta sosialisasi adalah ibu rumah tangga dan anak anaknya di Kelurahan Biraeng.

PHBS katanya merupakan perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran, sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan kesehatan di masyarakat.

Manfaat PHBS di antaranya setiap anggota keluarga menjadi sehat dan tidak mudah sakit, anak tumbuh sehat dan cerdas, anggota keluarga giat bekerja. Pengeluaran biaya rumah tangga dapat ditujukan untuk memenuhi gizi keluarga, pendidikan dan modal usaha untuk menambah pendapatan keluarga.

PHBS di rumah tangga adalah upaya memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. PHBS di rumah tangga dilakukan untuk mencapai rumah tangga sehat.

Rumah Tangga Sehat adalah rumah tangga yang melakukan 10 PHBS di Rumah Tangga yaitu: (1) Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, (2) memberi bayi ASI eksklusif, (3) menimbang bayi dan balita, (4) menggunakan air bersih, (5) mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, (6) menggunakan jamban sehat, (7) memberantas jentik di rumah, (8) makan buah dan sayur setiap hari, (9) melakukan aktivitas fisik setiap hari, (10) tidak merokok di dalam rumah.

Para peserta KKP 2022 Fisip Unismuh di Kelurahan Biraeng adalah ; Lailyyati Ba’diatil M.G dari Prodi Ilmu Administrasi Negara). Nurfadilahtunnisaa (Administrasi Negara) Ainun Afrianti ( Administrasi Negara). Mutiara Islam.AR (Administrasi Negara). Annisa Mutiara Maya (Administrasi Negara). Andi Ahmar Ihwal Ikhsan. (Pemerintahan). Sahrul Ramadana (Administrasi Negara). Andri (Administrasi Negara).

Koordinator Kelurahan Biraeng, Andi Ahmar Ihwal Ikhsan.Sekertaris, Lailyyati Ba’diatil, M.G dan Bendahara Nurfadillahtunnisa.

KKP 2022 Fisip Unismuh Makassar total 370 orang selain disebar 336 di Pangkep sisanya juga disebar di KKP kerjasama Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Fhilipina, Thailand, PT Pelindo, Dinas Lingkungan Hidup , Yasmib, Bawaslu RI, KPU.

Dosen Pembimbing Lapangan KKP 2022 Fisip Unismuh di Kecamatan Minasatene Pangkep, Dr Muhammad Yahya, M.Si. Ketua Panitia KKP Fisip 2022 Pangkep Syukri.S.Sos, M.Si. Kordinator Kecamatan Minasatene KKP 2022 Fisip Unismuh, Fadly.

Saat ini yang jadi Kepala Wilayah Kecamatan Minasatene Pangkep, adalah Dra Hj. Hudriah S Bani.  (*)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN