Ilmu Administrasi Negara dan Prodi MIAP Unismuh Gelar Workshop Kurikulum

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara dan Prodi Magister Ilmu Administrasi Publik (MIAP) Fisip Unismuh Makassar kembali menggelar Workshop Kurikulum secara daring, Kamis (08/07/2021). Workshop sehari ini menampilkan nara sumber Wakil Ketua Umum DPP IAPA, Dr.M.R.Khairul Muluk, M.Si dengan moderator Ketua Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara Fisip Unismuh, Nasrulhaq, S.Sos, MPA.

Sekretaris Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara Fisip Unismuh Makassar, Nurbiah Tahir, S.Sos, M.AP, kepada media menjelaskan, kegiatan ini menghadirkan peserta dari para dosen S1 Ilmu Administrasi Negara dan S2 Ilmu Administrasi Publik.

Turut hadir dan membuka workshop ini, Direktur Program Pascasarjana Unismuh, Dr.H, H.Darwis Muhdina, M.Ag. Asdir II PPs Unismuh, Dr.H. Muhlis Madani, M.Si. Dekan Fisip Unismuh Makassar, Dr.Ihyani Malik, S.Sos, M.Si. Wakil Dekan III Fisip, Dr. Syamsir Rahim, S.Sos, M.Si. Ketua Prodi MIAP Unismuh, Dr Hj. Fatmawati A. Mappasere, M Si. Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan, Dr.Nuryanti Mustari, S.IP, M.Si.

Khairul Muluk pada kesempatan itu menjelaskan dokumen kurikulum berdasarkan akreditasi prodi yakni; identitas program studi; evaluasi kurikulum dan tracer study; landasan perancangan dan pengembangan kurikulum; rumusan visi, misi, tujuan, strategi, dan university value.

Rumusan SKL yang dinyatakan dalam CPL; penetapan bahan kajian; pembentukan mata kuliah dan penentuan bobot sks; matriks dan peta kurikulum; rencana pembelajaran semester (RPS); rencana implementasi hak belajar maksimum 3 semester di luar prodi dan manajemen dan mekanisme pelaksanaan kurikulum.

Pada kesempatan itu Asesor BAN PT sejak 2011, menjelaskan profil sarjana ilmu administrasi publik selaku administrator publik atau manajer tingkat pertama pada instansi pemerintah atau organisasi nirlaba lainnya.

Birokrat pada tingkat operasional yang mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelesaian tugas dan masalah. Analis kebijakan yang mampu memberi masukan dalam pembuatan keputusan strategis. Pengelola kegiatan lapangan di sektor publik yang sadar dengan nilai-nilai publik.

Sedangkan profil magister ilmu administrasi publik menurut Kepala Governance Laboratory FIA Universitas Brawijaya 2018-2022, akan jadi Administrator Publik, Konsultan Kebijakan Publik dan Manajer Riset Bidang Administrasi Publik .

Sebelumnya prodi S1 Ilmu Administrasi Negara dan Prodi MIAP Fisip Unismuh Makassar telah menggelar Workshop Scientific Vision, Rabu (9/6/2021) lewat daring mendatangkan nara sumber Prof Dr.Paulus Israwan Setyoko, MS. Pemateri ini ehari adalah dosen S2 Ilmu Administrasi Universitas Jenderal Soedirman dan asesor BAN-P. (ulla/yahya)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN