Orasi Ilmiah Dihadapan Wisudawan ke-73 Unismuh, Plt Gubernur Sulsel Dorong Buka Lapangan Pekerjaan

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, memberikan orasi ilmiah pada Rapat Senat Terbuka Luar Biasa di Balai Sidang Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Selasa (15/6/2021).



Rapat Senat ini dalam rangka Milad ke-58 dirangkaikan Wisuda Diploma, Sarjana, Pascasarjana ke-73 Universitas Muhammadiyah Makassar. Adapun lulusan yang dikukuhkan pada wisuda ke-73 sebanyak 1426 orang alumni, dengan rincian ahli madya 10 orang; sarjana 1321 orang, dokter 2 orang, dan magister 93 orang

Mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaan pengukuhan wisudawan ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Yang dilaksanakan secara bertahap dengan 4 sesi selama 2 hari, Selasa dan Rabu (15-16 Juni 2021).

Sekitar 60 menit, Andi Sudirman memberikan orasi ilmiah serta semangat kepada para wisudawan Unismuh. Ia pun turut bercerita semasa dirinya mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Hingga bekerja di dunia profesional di perusahaan asing.

Andi Sudirman berharap para alumni bisa memperlihatkan kinerja dan kemampuannya atas ilmu yang telah diperoleh dari perguruan tinggi. Ia pun menyampaikan, pentingnya memiliki keterampilan yang membidangi suatu hal.

"Kita harus punya tabungan di akhirat. Sambik kita hidup, jika mendalami suatu hal, maka kita perlu menguasai ilmu agama," ujarnya.

"Para adik-adik wisudawan, apa yang didapatkan hari ini adalah bekal. Perubahan pola pikir yang paling utama. Harus memiliki profesionalisme, moral dan akhlak yang baik," tegasnya.

Plt Gubernur pun mengajak agar senantiasa berbuat baik diatas kebenaran dan keadilan. "Ingat, jika mengalami kegagalan atau masalah, jangan pernah menempatkan nama diatas sebuah kesalahan. Tetapi harus mengambil tanggungjawab," imbuhnya.

Tak lupa pula, Andi Sudirman mengingatkan untuk terus berbakti dan tidak membuat kecewa orang tua atas capaian yang diterima saat ini. Dirinya berharap, para alumni ini memiliki akhlak dan moral yang baik, sehingga bisa menjadi contoh sebagai Universitas yang memiliki kualitas alumni yang bukan hanya keilmuan duniawinya kuat, namun juga akhiratnya.

Ia pun mendorong para wisudawan untuk membuka lapangan pekerjaan yang baru.
"Jadi bukan hanya mencari kerja, kita dorong membuka lapangan pekerjaan dan bagaimana mereka bisa membangun sebuah usaha-usaha sehingga bisa menyerap tenaga kerja," pungkasnya. (ril)


Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN