Gubernur Sulsel Dorong Pembelajaran Daring Tidak Bebani Mahasiswa.

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Gubernur Provinsi Sulsel, Prof. Nurdin Abdullah, mendorong agar pembelajaran daring, tidak membenani mahasiswa, dengan memberi rekomendasi ke Telkomsel, untuk membantu proses pembelajaran daring di wilayah Sulsel.

Demikian disampaikan Kepala LLDIKTI IX Sulawesi, Prof. Dr Jasruddin, MSi, pada rapat pengurus Dewan Etik LLDIKTI IX Sulawesi, Sabtu (04/04/2020) malam, via video conference.

Diungkapkan, pihak LLDIKTI IX Sulawesi, telah menindak lanjuti rekomendasi Gubernur Sulsel, dengan meeting bersama pimpinan Telkomsel sebanyak dua kali.

"Bahkan, kini telah ada kesepahaman antara PT. Telkom dengan LLDikti IX mencakup seluruh PTS dan PTN di Sulawesi, menyusul apa yang telah Telkomsel berikan ke Unhas, UNM, dan UMI," terangnya.

Program Claud-X

Pogram yang ditawarkan Telkomsel jauh lebih murah dari aplikasi yang digunakan selama ini. Aplikasi itu diberi nama program Claud-X dari Telkomsel Makassar.

Dalam rapat, Prof. Jasruddin, meminta agar Pimpinan Perguruan Tinggi membayarkan quota 30 GB dari Telkomsel untuk mahasiswa.

"Kalkulasinya hanya Rp10 per mahasiswa. Artinya, bila 20.000 mahasiswa x Rp10 = Rp200.000. Jadi program Claud-X dari Telkomsel, jika digunakan oleh kampus, dan kemudian kampus membayarkan quota video conference 30 GB perbulan," paparnya.

Dengan demikian, lanjutnya, mahasiswa dan dosen dapat melakukan pembelajaran melalui video conference menggunakan aplikasi Zoom selama sebulan, dengan quota 1GB perhari, tanpa bayar dan tanpa menghabiskan quota.

"Ini artinya mahasiswa hanya perlu HP Android dan menjaga agar tidak lowbat selama video conference, tanpa rasa was was kehabisan kuota," jelas Prof Jasruddin.

Host pada Rapat pengurus Dewan Etik Dosen LLDIKTI IX, Sekretaris Dewan Etik LLDIKTI IX Sulawesi, Prof. DR. Elisa Meiyani, MSi. Ikut bergabung dalam pertemuan lewat online, Sekretaris LLDIKTI IX, Drs. Andi Lukman, MSi, Ketua Dewan Etik Dosen LLDIKTI IX Sulawesi, Prof. DR. Ma'ruf Hafidz, SH, MH, Prof. DR. Andi Muin Fahmal, SH, MH, Prof. DR. Muhibuddin, MSi, Prof. DR. Irwan Akib, MPd, DR. Ir. H. Abd Rakhim Nanda, ST, MT, IPM, DR. Mulyadi Hamid, MSi, DR. Azis DP, MH, dan beberapa anggota lainya.

Selain itu, peserta yang berasal dari luar Makassar yakni, DR. Chuduria Sahabuddin, MSi dari Sulbar, DR. Andi Tenri Mahmud, MSi, dari Buton Sultra, serta satu orang dari Sulut, DR. Roosye Marie Lolowang, MPd. (yahya/red).

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN