Prof Thomas Suyatno : Ada Tiga Penyebab Konflik di Perguruan Tinggi Swasta

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Saat ini data perguruan tinggi swasta mencapai sekitar 4.500 dan dari jumlah itu sebanyak 206 dalam kondisi konflik atau bermasalah.

Ada tiga penyebab kampus swasta bermasalah. Pertama, konflik antar pembina yayasan. Pembina yayasan ini memiliki kekuasaan otoritas tertinggi dan tidak dimiliki pengurus dan pengawas yayasan.

Demikian disampaikan, Ketua Umum
Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (BP-PTSI), Prof Dr Thomas Suyatno, saat jadi narasumber pada Dialog Awal Tahun 2020, BP-PTSI Wilayah Sulsel, Sabtu (18/01/2020) di Lt.19 Graha Pena Makassar.

Dijelaskan, penyebab kedua adalah konflik antara pembina dan pengurus. "Praktek sehari-hari, para pengurus yayasan yang banyak berhubungan langsung dengan pimpinan perguruan tinggi," ujar Thomas.

Faktor ketiga, pemicu konflik di kampus adalah, konflik pengurus yayasan dengan rektor. Setiap saat terjadi konflik di kampus maka yang jadi korban adalah perguruan tinggi.

Thomas Suyatno meminta kepada pihak yayasan untuk mewaspadai terjadinya konflik di kampus. "Karena yang korban adalah perguruan tinggi," tukas pria kelahiran Klaten 1940 ini.

Menghindari tidak terjadi konflik, Thomas memberi solusi dengan menghadirkan suasana demokratis, hadirkan suasana dialogis serta senantiasa melakukan introspeksi diri.

Ketua Yayasan Pendidikan Atmajaya Makassar, Lita Limpo, SE, Ph.D, di tempat yang sama mengatakan, dialog ini sangat tepat karena memberi cukup banyak informasi terkait kebijakan dan regulasi baru pada dunia pendidikan tinggi.

"Informasi dan kebijakan baru itu secepatnya akan diakomodasi pihak yayasan agar tetap eksis pada perubahan yang sangat cepat ini," tutur Lita.

Dialog kali ini mengusung tema, Mempersiapkan Program Transformasi PTS Menghadapi Perubahan Kebijakan Pendidikan Tinggi.

Tampil selaku narasumber lainnya Kepala LLDIKTI IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin, M.Si, dengan moderator Sekretaris Yayasan Wakaf UMI Makassar, Ir H Lambang Basri, M.Si.

Turut hadir Sekretaris LLDIKTI IX Sulawesi Drs Andi Lukman M.Si, Ketua AB-PTSI Sulsel Dr. Muhamad Ridwan Arif, SE, M.APP.Fin, Ak.

Ketua dan Sekretaris APTISI Wilayah IX-A Sulawesi Prof Dr H Ma'rif Hafidz, SH, MH dan Dr Mulyadi Hamid SE M.Si.

Nampak hadir para pengurus yayasan dan pimpinan perguruan tinggi swasta se-Sulsel.

Dialog ini terlaksana dengan lancar dan sukses dengan Ketua Panitia Pelaksana Dialog, dr. Wahyudi Hardi, M.Kes. (Yahya)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN