Tiap Dosen 'Wajib' Menulis di Jurnal Terakreditasi

SOROTMAKASSAR -- Makassar

Menulis jurnal, terlebih di jurnal terakreditasi, merupakan kewajiban bagi setiap tenaga pengajar atau dosen, karena terkait dengan kompetensinya selaku tenaga pendidik yang diamanahkan dalam Tri Dharma Pendidikan.

Hal itu disampaikan, Wakil Dekan II, DR. M. Thahir Maloko, MHi, mewakili Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Prof. DR. H. Arifuddin, MAg, saat membuka kegiatan Workshop Penulisan Jurnal Terakreditasi, dengan judul "Step Before Submit Your Manuscript" yang di selenggarakan oleh Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, di Aula LT Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar, Rabu (03/07/2019) pagi tadi.

Thahir mengemukakan, karya ilmiah yang terpublikasi, erat pula kaitannya dengan kenaikan pangkat bagi seorang dosen. Bahkan tiap semester, dosen wajib untuk melaporkan beban kerja dosen (BKD), yang di dalamnya termasuk melakukan penelitian, penulisan dan penerbitan karya ilmiah pada jurnal terakreditasi.

"Jadi, wajib hukumnya bagi seorang dosen untuk melakukan penelitian dan mempulikasikan hasilnya di jurnal terakreditasi," tegasnya.

Penyerahan cendramata ke pemateri, AM. Shiddiq Yunus, ST, MEng.SC, PhD, oleh Wakil Dekan I DR. Wasilah, ST, MT, didampingi Ketua Jurusan Teknik Informatika, Faisal, ST, MT.

Mengingat pentingnya hal tersebut, Thahir menyatakan, sudah sepantasnya agar unsur pimpinan, mulai rektor hingga bawahannya, dapat menciptakan sarana bagi dosen untuk melakukan kegiatan penelitan dan penulisan karya ilmiah. Khususnya penerbitan jurnal terakreditasi.

"Bila ada seorang doktor yang akan beranjak ke profosor, harus mampu menulis di jurnal terakreditasi internasional. Namun, sebelum syarat itu dilaksanakan, lembaga terlebih dahulu harus menyiapkan sarana dan prasarana bagi dosen untuk menulis," terangnya.

Di tempat yang sama Ketua Jurusan Teknik Informatika, Faisal, ST, MT, didampingi Sekretaris Jurusan, A. Muh. Syafar, ST, MT, selaku penyelenggaran mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun minat dosen dalam meneliti dan menulis.

"Tiap dosen harus rajin meneliti dan rajin menulis. Karena bagaimanapun, penelitian atau penulisan karya ilmiah itu, merupakan salah satu dari Tri Dharma Pendidikan, disamping pengajaran dan sebagai pengabdi dalam masyarakat," jelasnya.

Kegiatan semacam ini, kata Faisal, diharapkan membuka wawasan dosen baik dilungkup UIN Makassar, maupun dosen-dosen PTN dan PTS yang ada di Sulsel, untuk lebih giat dalam menulis, dengan menghasilkan karya-karya ilmiah yang bermanfaat.

"Jadi tiap dosen harus bisa membuat tulisan yang berkualitas, yang baik dan benar. Sehingga, bisa diterima dan terindeks di jurnal terakreditasi, baik nasional, internasional, maupun yang terindeks Scopus," tegasnya.

Faisal juga mengatakan, untuk lebih memantapkan kegiatan tersebut, pihaknya menghadirkan pemateri dari Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), AM. Shiddiq Yunus, ST, MEng.SC, PhD, yang telah memiliki cukup banyak pengalaman dalam memasukkan tulisan ke jurnal terindeks Scopus. (zl)

 

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN