TIm Relawan KABAMAFATEK UMI Salurkan Donasi dan Ikut Bantu RSUD di Sulbar

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Selama lima hari, sejak tanggal 21-25 Januari 2021, tim relawan Keluarga Besar Mahasiswa Fakultas Teknik (KABAMAFATEK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, menyalurkan donasi kepada warga terdampak bencana gempa di Sulawesi Barat (Sulbar). Selain itu, tim relawan juga membantu pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sulbar, dalam mengevakuasi, membuat tenda petugas dan pasien, serta membantu dalam perbaikan beberapa infrastruktur.

Hal ini disampaikan Ketua Senat Mahasiswa (SEMA) KABAMAFATEK UMI sekaligus penanggungjawab kegiatan, Saifullah Syahadah (Teknik sipil UMI), kepada media, Rabu (27/01/2021) pagi.

Dijelaskan, setelah mendapat arahan dan restu dari pimpinan Fakultas Teknik, tim relawan KABAMAFATEK UMI memulai perjalanan pada Kamis, (21/01/2021) dari Fakultas Teknik UMI menuju ke Mamuju, Sulbar, dan tiba kembali ke Makassar pada Senin, (25/01/2021) pada pukul 06.00 WITA.

Selama di lokasi, kata Saifullah, timnya langsung menuju ke beberapa titik posko untuk menyalurkan donasi.

"Dalam melaksanakan kegiatan, tim relawan terlebih dulu melakukan survey dan pendataan terhadap korban bencana di poskonya, guna pemerataan pembagian popok dan kebutuhan bayi lainnya bagi warga korban bencana," tuturnya.

Selanjutnya, tim relawan yang kesemuanya merupakan mahasiswa Fakultas Teknik UMI, ikut melakukan kegiatan di RSUD Sulbar guna membantu evakuasi pasien dari lantai 3 RSUD Sulbar ke posko pengungsian tempat pasien dipindahkan.

"Dalam beberapa hari, tim relawan melakukan aktivitas evakuasi terhadap para pasien yg ada di RSUD Sulbar," ungkapnya.

Saifullah mengakui, tim relawan dari Mahasiswa Fakultas Teknik UMI sebenarnya sudah bergerak dan sampai dilokasi pada hari Jumat, (15/01/2021), tepat beberapa saat setelah terjadinya gempa bumi di Sulbar. Keikutsertaan itu melalui kerja sama dengan tim Basarnas dan BNPB.

"Sampai saat ini masih ada tim relawan dari mahasiswa Fakultas Teknik UMI yang masih tinggal di lokasi, guna membantu warga dan RSUD," tegasnya.

Melalui pesan bergambar WhastApp, Kepala bidang perencanaan dan pengembangan RSUD Sulbar, Wahyudin, menyampaikan ucapan terima kasihnya tim relawan Fakultas Tekni UMI, yang telah banyak memberi bantuan.

Diungkapkan, memang di lokasi bencana, banyak sekali relawan yang ada di Sulbar. Namun, sebagian besarnya merupakan tim relawan medis. Sedang, untuk tim relawan non medis seperti dari mahasiswa Fakultas Teknik UMI, sangat terbatas.

"Saya sangat berterimakasih atas bantuan yang telah diberikan tim relawan Teknik UMI. Mereka sangat membantu dalam membangun tenda-tenda untuk pasien dan petugas. Bahkan, mereka juga ikut membantu mengevakuasi pasien dan membantu membenahi beberapa infrastruktur," kata Wahyudin.

Adapun relawan dari mahasiswa fakultas teknik yg turun ke lokasi bencana di Kota Mamuju, Sulbar berjumlah 12 orang, yakni Saifullah Syahadah (Teknik sipil) selaku Ketua SEMA KABAMAFATEK UMI dan penanggung jawab, Muh. Adan Ramadhan (Teknik Sipil), Ariansyah Sinar (Teknik Mesin) Ketua Umum HMM KABAMAFATEK UMI, Sulaiman (Teknik Mesin), Fatur (Teknik Mesin), Muh. Aksan Jaya (Teknik Mesin) selaku Ketua Umum MPM KABAMAFATEK UMI, Erza Saputra (Teknik Mesin), A. Asdi Handayani (Teknik Elektro) Ketua Umum HME KABAMAFATEK UMI, Ilham (Teknik Elektro), Firmansyah (Teknik Elektro), Muh. Tawakkal (Teknik Arsitektur), dan Syahrul mubaraq (Teknik Mesin). (*/zl)

 

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN