Sekolah di Kabupaten Sinjai Mulai Terapkan Sekolah Siaga Kependudukan

SOROTMAKASSAR -- Sinjai.

Sekolah di Kabupaten Sinjai mulai menerapkan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK). Hal ini ditandai dengan kegiatan launching dan sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan di SMP Negeri 15 Sinjai, Senin (19/10/2020).

Dijadikannya SMPN 15 Sinjai sebagai SSK ini merupakan salah satu bentuk kerjasama untuk mendukung dan menyukseskan program pembangunan yang berwawasan kependudukan dengan tujuan terwujudnya peningkatan kompetensi dan kapasitas wawasan kependudukan dan keluarga berencana serta pembangunan keluarga bagi pendidik, peserta didik dan tenaga pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai A. Jefriyanto Asapa menyampaikan, Sekolah Siaga Kependudukan ini sangat perlu dilakukan guna menyikapi berbagai dampak kependudukan.

"Dengan mengintegrasikan materi ke dalam kurikulum pendidikan, diharapkan peserta didik dapat lebih memahami mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kependudukan, di antaranya pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi remaja, pendewasaan usia nikah, peningkatan kualitas penduduk usia produktif, serta dinamika penduduk," jelasnya.

Jefriyanto menilai pencanangan sebagai upaya membentuk generasi berencana agar guru dan peserta didik dapat memahami isu kependudukan.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sinjai Haerani Dahlan menjelaskan, Sekolah Siaga Kependudukan adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependidikan dan Keluarga Berencana ke dalam beberapa mata pelajaran. Di dalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai sumber belajar dan pengayaan materi bagi peserta didik.

"Kita berharap Sekolah Siaga Kependudukan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait pentingnya pertimbangan kependudukan dalam kehidupan berkeluarga," ujarnya. (AaN)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN