Pasca Ditetapkan Tersangka, Pihak Keluarga dr Lois Akhirnya Buka Suara

SOROTMAKASSAR -- Jakarta.

Pihak keluarga Dokter Lois Owien atau dr Lois akhirnya buka suara usai beberapa hari belakangan ini membuat kegaduhan di Tanah Air.



Melalui sebuah surat terbuka yang beredar di media sosial dan aplikasi perpesanan WhatsApp, keluarga dr Lois membeberkan ihwal dugaan yang menyebabkan dokter tersebut menyatakan pernyataan kontroversial.

Seperti diketahui, dr Lois menjadi buah bibir usai pernyataannya saat menjadi salah satu narasumber dalam siaran Hotman Paris Show viral di media sosial.

Selain itu, pernyataan di media sosial yang menunjukkan ketidakpercayaan dr Lois terhadap Covid-19 turut menjadi sorotan.

Melalui surat terbuka dimaksud, pihak keluarga mengungkapkan beberapa hal, mulai dari riwayat perceraian hingga dugaan mental yang dialami dr Lois.

"Sehubungan dengan pernyataan keponakan kami dr. Lois pada acara Hotman Paris Show beberapa waktu lalu yang kemudian viral melalui media sosial, kami sampaikan sbb," demikian ditulis dalam surat terbuka.

Terdapat delapan poin yang disampaikan oleh pihak keluarga berkaitan dengan polemik yang kini diambil dr Lois.

Berikut isi lengkap surat terbuka yang dilayangkan oleh pihak keluarga mengenai kasus dr Lois.

SURAT TERBUKA(DARI KELUARGA dr. LOIS)

Kepada Yth:Saudara2 kami sebangsa dan setanah air,

Sehubungan dengan pernyataan keponakan kami dr. Lois pada acara Hotman Paris Show beberapa waktu lalu yang kemudian viral melalui media sosial, kami sampaikan sbb:

1. Bahwa benar rumah tangga keponakan kami beberapa waktu lalu bermasalah dan berakhir dengan perceraian. Tidak lama berselang, orang tua kandung (bapak) ybs dipanggil Tuhan untuk selama-lamanya. Dan sebagai manusia, tentu kondisi ini sangatlah berat. Tidaklah mudah dihadapi seorang diri di Jakarta, jauh dari keluarga besar di Kaltara, sehingga pergumulan tersebut dapat saja mempengaruhi mental-psikis ybs sebagaimana dugaan banyak pihak di media sosial;

2. Kami menyadari bhw pernyataan keponakan kami kontraproduktif dengan upaya yang sungguh-sungguh dari pemerintah RI dan seluruh tenaga medis, TNI/POLRI serta relawan, dll yang berjuang siang dan malam untuk melindungi dan menyelamatkan rakyat Indonesia dari Pandemi Covid 19. Kami sadar, pernyataan keponakan telah melukai hati kita semua, seluruh rakyat Indonesia, secara khusus kepada keluarga dari saudara-saudara kita yg oleh karena keganasan Covid 19, mendahului menghadap oleh Sang Pencipta;

3. Kami sampaikan bahwa pernyataan keponakan kami dalam HOTMAN PARIS SHOW menyesatkan secara ilmiah, tidak berdasarkan data, tidak didasari landasan ilmiah dan juga tidak berdasarkan pendapat para ahli virus di Indonesia dan juga dunia. Dan kami berkesimpulan, pendapat ybs hanyalah opini-rekaan dan bukan pendapat ahli (ybs lulusan S1 dan profesi dokter, bukan specialist). Oleh sebab itu, opini ybs tidak layak dijadikan rujukan, apalagi argumentasi pembenaran untuk tidak taat terhadap Protokol Kesehatan Covid;

4. Oleh sebab itu, dari lubuk hati yg paling dalam, sebagai keluarga, kami atas nama dr. Lois, meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia atas pernyataan keponakan kami yang meresahkan, menyesatkan dan berlawanan dengan logika akal sehat Pandemi Covid;

5. Kehebohan, kegaduhan dan keresahan yg terjadi sekarang ini tidaklah seluruhnya kesalahan dr. Lois semata2, tetapi juga tanggung jawab pak Hotman sebagai penanggungjawab acara Podcast (dr. Lois hanyalah tamu yg diundang). Karena tindakan pak Hotman mengundang dan menyebarkan informasi atau pendapat dr. Lois secara seluas sehingga membuat keresahan masyarakat meluas;

6. Kepada saudara2 kami sebangsa dan setanah air, dari pelosok perbatasan Kaltara kami mengajak kita semua untuk mentaati kebijakan PPKM Mikro yang telah dikeluarkan oleh pemerintah RI untuk membatasi transmisi dan atau penyebaran Covid. Kami menilai bahwa kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah merupakan langkah yang tepat, langkah yang bertujuan melindungi dan menyelamatkan rakyat Indonesia dari Covid 19;

7. Mohon dukungan doa, semoga keponakan kami tetap sehat dan dikuatkan menghadapi kasus hukum yg saat ini dihadapi. Dan juga semoga pihak kepolisian dapat menangani kasus hukum keponakan kami secara adil dan proporsional sesuai hukum yg berlaku.

8. Demikian kami sampaikan utk dimaklumi. Semoga Tuhan menyertai, menyelamatkan serta menghindarkan kita semua dari Covid dan juga negara yg kita cintai dari keterpurukan ekonomi akibat Pandemi Covid. Amin????

Kaltara, 12 Juli 2021

Salam sehat,

Atas nama keluarga,

Gat Khaleb A

#TaatProkes

#TaatPPKM-Mikro

#UtkIndonesiaSehat

#IndonesiaBangkit

Sebagai informasi, sebelumnya dr Lois telah resmi ditangkap dan dinyatakan sebagai tersangka. Namun informasi terbaru pihak kepolisian dikabarkan batal melakukan penahanan kepada dr Lois.

Seperti disampaikan oleh Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi. Ada sejumlah hal yang menjadi dasar pertimbangan hingga akhirnya diputuskan tidak dilakukan penahanan terhadap dr Lois.

Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah penyidik berkesimpulan dr Lois tidak akan mengulangi perbuatannya dan tidak akan menghilangkan barang bukti.

Seluruh barang bukti sudah dikantongi oleh polisi. Selain itu, dr Lois tidak akan melarikan diri.

"Oleh karena itu, saya memutuskan untuk tidak menahan yang bersangkutan, hal ini juga sesuai dengan konsep Polri menuju Presisi yang berkeadilan," kata Brigjen Slamet, yang akrab disapa Ulin Selasa, 13 Juli 2021.***

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN