Ketika Petani Berinovasi, Warga Buluballea Temukan Racun Hama dan Penyubur Tanaman

SOROTMAKASSAR -- MAKASSAR.
 
Bora , 45 Tahun  Seorang petani di Buluballea, Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggimoncong,  Kabupaten Gowa, mengaku telah menemukan racun hama dan penyubur tanaman, yang telah diuji coba sejak tahun 2021 di kebun miliknya di Buluballea.


 
Hasil racikan Bora ini bukan hanya membasmi hama tanaman yang selama ini menjadi musuh petani, melainkan juga dapat menyuburkan tanamanan dan mampu menghasilkan buah yang lebih banyak dan besar.

Bora mengaku selama 2 tahun menggunakan penemuannya, telah mampu meningkatkan hasil pertaniannya. Petani sekitarnya pun kini mulai menggunakan racun hama sekaligus penyubur tanaman tersebut, seperti petani di Buluballea,  Biring Pancing,  Parang Lambere,  dan beberapa petani di Lembana.

Menurut Kepala Lingkungan Buluballea,  Muh. Saleh,  usaha yang gigih dari Bora,  seorang petani di Buluballea perlu diberikan dukungan untuk dikembangkan terus demi kemajuan petani itu sendiri.

Tanaman yang sudah diberi pupuk buatan Bora



Ia mengharapkan bantuan dan dukungan dari pemerintah atas usaha  yang telah dilakukan Bora.
 
Pembina dan Penasihat UKM Berkah,  HM Yamin, yang menjadi wadah pembinaan petani ini,  mengatakan apa yang dirintis Bora akan terus dibina dan dikembangkan agar dapat bermanfaat lebih luas bagi petani.
 
Menurut Bora,  bahan baku dari penemuannya ini berasal dari bahan lokal  dan dari Sulawesi Tengah.

Dia berharap, melalui wadah UKM Berkah, usaha yang dirintis Bora bisa Lebih berkembang dan mendapat perhatian dari pemerintah  untuk pengembangan selanjutnya.(darman)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN