PDS : Jangan Berteori Yang Tidak Objektif

SOROTMAKASSAR -- LUWU TIMUR.

Kisruh yang ditudingkan PT Panca Digital Solution (PDS) terhadap pencemaran lingkungan di Pesisir Lampia, Desa Harapan Wilayah, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Pun merekomendasikan Dinas Lingkungan Hidup Sulsel mencabut IUP.

PT Panca Digital Solution sebelum beroperasi telah berkoordinasi dengan stakeholder Kementerian Lingkungan Hidup maupun Dinas Lingkungan Hidup meninjau lokasi penambangan PDS menyangkut limbah (dibuktikan dokumentasi).

Kepala Teknis Tambang (KTT) PDS, Azan Fajar dan tim KLH pusat, Abdul Latif. (di lokasi)

Membaca pemberitaan tersebut, Managemen PT. Panca Digital Solution, melalui Penanggung Jawab Produksi, Lukman, saat dikonfirmasi awak media, Selasa (16/08/2022) mengatakan, sepertinya tidak obyektif hasil pemantauannya. Awalnya, PDS beroperasi di tahun 2007, kemudian berhenti tahun 2011. Dan, nanti pada tahun 2022 baru tebuka lagi.

“Kalau dikaitkan dengan terjadi sedimentasi berarti mereka tidak melihat secara keseluruhan kontribusi dan sumbangsih sedimen yang terjadi selama ini,” jelas Lukman.

Saat tudingan dialamatkan ke PDS, Lukman membantah dampak besar yang berasal dari PDS, tetapi sumber terbesar dari jalan Houling yang di lalui CLM - parit dari EFO CLM, jalan Pipa Vale dan bukan di sekitar area PDS yang di manfaatkan CLM.

“Proses Barging/jetty yang di manfaatkan CLM secara kontinyu, dan ini bisa di buktikan pada saat hujan,” sambung Lukman.

Lukman berharap jangan hanya berteori, lihat fakta secara keseluruhan sepanjang pesisir pantai dan lutim secara keseluruhan sudah terjadi sedimentasi karena faktor alam yang kelilingi bukit dan pegunungan.

“Jangankan Pesisir Pantai Sungai Malili saja sudah terjada sedimentasi yang ditandai dengan terjadinya pendangkalan sungai yang ada di Lutim, baik dari Kalaensa, Angkona, Susu dan sungai Malili,” tutup Lukman.'

Sementara salah satu warga Memet sebagai warga asli lampia angkat suara. Dia merasa heran kenapa PDS baru beroperasi 6 bulan sudah mendapat protes dan perlakuan dari pihak-pihak lain.

“Jangan-jangan ada unsur rivalitas dari perusahaan lain. Karena saya menduga aksi demo mengatasnamakan warga Lampia. Agar PDS tidak beroperasi,”pungkas Memet. (*/tim)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN