Kasus Positif di Dandang Usai Pilkades Serentak Bertambah 8 Pasien

SOROTMAKASSAR -- Luwu Utara

Terus melaju peningkatan kasus Corona Virus di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel), menyebabkan saat ini Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Lutra terus meningkat kasus konfirmasi covid-19.

Hal tersebut disampaikan Kepala Puskesmas Sabbang Selatan, Sudarmi Idrus, SKM pada media ini, Senin 19 Juli 2021 bahwa," kita di Kecamatan Sabbang Selatan sudah ada satu Desa zona merah yakni Desa Tete Uri.

"Karena saat ini akibat jumlah kasus penyebaran Corona yang terus meningkat. Hal ini terjadi pasca pilkades serentak dan sesuai prediksi memang akan terjadi peningkatan kasus Corona Virus akibat banyaknya kerumunan," sebut Sudarmi Idrus.

Selain musim saat ini, menurut Sudarmi, terjadinya peningkatan kasus Covid-19 bisa juga dari pelaksanaan Pilkades serentak pada tanggal 14 Juli kemarin.

Dengan demikian memperkirakan Corona Virus di kabupaten yang dijuluki Bumi Lamaranginang akan berlangsung terus. Hal ini disebabkan berbagai faktor yakni, tak adanya kepatuhan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan terutama dalam tidak disiplinnya warga memakai masker bila keluar rumah.

Ia berharap tingginya kasus Corona di wilayah kerjanya ini akan diimbangi dengan perawatan intensif dari pihak satgas covid-19 dan juga tingkat kesembuhan pasien Corona yang meningkat pula.

Seperti diketahui bahwa data pantauan covid-19 Kabupaten Luwu Utara Minggu 18 Juli 2021 pukul 12.00 Wita kemarin bahwa, di Desa Dandang ada 8 pasien konfirmasi hasil Swab Tes dari 20 warga, jadi totalnya 9 pasien. Untuk total di Desa Tete Uri sudah 22 pasien dan Desa Buangin dan Kampung Baru masing-masing satu orang.

"Upaya yang dilakukan lebih difokuskan pada upaya pencegahan diantaranya, semakin memperketat penerapan 5M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas). Cara ini dinilainya masih efektif guna pencegahan penyebaran Covid-19," ucap Sudarmi panggilan akrab Kepala Puskesmas Sabbang Selatan.

Makanya kita harus lebih fokus pada upaya pencegahan," salah satunya dengan kian memperketat penerapan protokol kesehatan, dengan ketat dan disiplin," tandas Sudarmi.(yus)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN