Di Pasar Sentral Sinjai, Harga Bawang Putih Melonjak Sampai Rp 70.000/Kg

SOROTMAKASSAR -- Sinjai.

Harga bawang putih naik secara signifikan di Pasar Sentral Sinjai. Harga satu kilogram bawang putih mencapai kisaran Rp 60-70 ribu. 

Salah seorang pedagang Abdul Rasyid saat ditemui,  Rabu (08/05/2019) mengatakan, melonjaknya harga bawang putih ini sudah terjadi sejak satu bulan lalu. 

Menurutnya, kenaikan itu disebabkan karena pasokan bawang putih ini merupakan produk impor dan didatangkan dari Surabaya. 

"Satu bulan yang lalu harganya Rp 35 ribu/kg, sekarang naik signifikan menjadi Rp 60 ribu/kg. Kenaikan ini karena produksi berkurang dan hampir terjadi diseluruh wilayah," katanya. 

Sedangkan harga bawang putih lokal yang diproduksi dari Kecamatan Sinjai Barat seharga Rp 50 ribu/kg, namun produksinya terbatas dan minat konsumen terhadap jenis bawang ini sangat kurang. 



Sementara harga bawang merah berada pada kisaran Rp 25-30 ribu/kg, gula pasir Rp 12.500/kg. Beberapa produk lainnya yang mengalami kenaikan harga yakni telur dari Rp 36 ribu/rak menjadi Rp 42 ribu/rak.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan,  Perindustrian dan ESDM Kabupaten Sinjai Ir. H. Ramlan membenarkan kenaikan harga paling signifikan terjadi untuk penjualan komoditi bawang putih.

"Bawang putih ini kita bukan sebagai sentra produksi tapi diimpor sehingga ada pergerakan harga cukup tinggi, olehnya itu distribusi produk ini harus diawasi oleh pemerintah. Lonjakan ini bukan hanya di Sinjai tetapi secara nasional," katanya. 

Sementara beberapa produk sembako lainnya yang mengalami kenaikan harga, Ramlan mengatakan bahwa hal ini merupakan fenomena yang rutin terjadi tiap menjelang bulan puasa. 

"Kenaikan harga ini adalah sebuah fenomena yang sering terjadi pada saat menjelang Ramadan karena permintaan bertambah. Saya yakin beberapa hari kedepan sudah normal kembali," tandasnya. (AaN)

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN