Sebanyak 50 Desa/Kelurahan di Kepulauan Selayar Deklarasi

Pin It

SOROTMAKASSAR -- Selayar.

Sebanyak 50 desa/kelurahan di Kabupaten Kepulauan Selayar melakukan deklarasi  Open Defecation Free (ODF) di Rujab Bupati, Kamis (05/09/2019) lalu. Pernyataan komitmen deklarasi tersebut ditandai  dengan penandatanganan deklarasi oleh seluruh kades dan lurah.

Hadir Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Hj. Andi Dwiyanti  Musrifah Basli, Sekda Selayar Dr. Ir. Marjani Sultan, M.Si, Forkopimda, Kadis Kesehatan Pemprov Sulsel yang diwakili oleh koordinator kabupaten/kota sehat Muslim Rasyid, Asisten Pemerintahan bersama Asisten  Administrasi, para pimpinan OPD, para camat, kades dan lurah serta undangan lainnya.

Kadis kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar dr. Husaini, M.Kes melaporkan, kegiatan deklarasi desa ODF merupakan pernyataan dari pemerintah desa ataupun kelurahan bersama masyarakatnya untuk tidak melakukan buang air besar disembarang tempat, atau pengakuan diri untuk selalu menggunakan jamban sehat pada saat buang air besar.

“Dengan dilaksanakannya deklarasi 50 desa ODF kali ini berarti 88 desa/kelurahan di Kabupaten Kepulauan Selayar telah menyatakan diri bebas dari buang air besar di sembarang tempat, yakni pada Tahun 2017  dilaksanakan deklarasi ODF 20 desa/kelurahan, dan pada tahun 2018 sebanyak 18 desa/kelurahan,” kata dr.  Husaini.

Husaini mengatakan, sebelum deklarasi ini telah dilakukan verifikasi tingkat Kabupaten Kepulauan Kepulauan Selayar melalui Dinkes terhadap pemerintah desa/kelurahan  kesanggupannya melaksanakan pilar ke satu program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), yaitu tidak buang air besar disembarang tempat.

Program ini juga kata dia, sangat mendukung keberhasilan verifikasi nasional kabupaten/kota sehat yang mana untuk kabupaten/kota dengan predikat Swastisaba kategori Wistara yang ketiga akses jamban sehat diharuskan 100 persen.

Selain itu lanjut kadinkes, deklarasi ODF adalah rangkaian Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan upaya untuk meningkatkan, kesadaran, kemauan dan kemapuan bagi setiap orang untuk hidup sehat.

Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali mengucapkan terima kasih kepada 50 desa/kelurahan yang telah  mendeklarasikan desa/kelurahannya sebagai desa ODF.

Menurut dia, terselenggaranya kegiatan deklarasi ODF sebagai wujud peran serta kita dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Program ini sejalan dengan pelaksanaan kabupaten sehat yang terus menerus berjalan dengan baik,” terang  Basli Ali.

Sementara koordinator kabupaten/kota sehat Muslim Rasyid sebut Kabupaten Kepulauan Selayar adalah peraih  penghargaan Swastisaba Wistara dua kali. Tahun ini katanya menuju untuk yang ketiga kalinya.

“Hari ini matahari boleh tenggelam, tapi semangat kita seperti gelora Samudera Selatan,” ucap Muslim Rasyid  menyemangati tim kabupaten sehat Selayar. (Ucok Haidir)
 

Top Hit

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN