Jalan Santai Anti Mager IKA Unhas Kumpulkan Sampah 125 Kg

SOROTMAKASSAR - Bone.

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, mengaku salut atas kegiatan pungut sampah oleh ribuan peserta jalan santai Anti Mager (malas gerak) di Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, Sabtu (13/8/2022).



Peserta jalan santai ipimpin langsung ketua umum IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman, tampak antusias peserta memungut sampah di sepanjang jalan yang dilaluinya.

Kegiatan pungut sampah ini berhasil mengumpulkan sampah seberat 125 kg, yang terdiri dari sampah organik dan sampah anorganik.

Selanjutnya khusus sampah plastik dan kertas akan disumbangkan kepada pengumpul sampah yang ada di Kecamatan Ponre.



Gubernur Andi Sudirman Sulaiman mengaku, kegiatan pungut sampah ini harus dibarengi dengan edukasi, karena sampah memiliki potensi pasar untuk didaur ulang menjadi produk bermanfaat.

"Kita harap masyarakat sadar untuk pola hidup bersih dan sehat. Olehnya itu, perlu edukasi ke masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Saharuddin Ridwan selaku ketua divisi pengolahan sampah dan limbah IKA Unhas mengaku akan menindaklanjuti kegiatan ini dengan membentuk bank sampah unit desa di Desa Mappesangka.

Di depan Andi Sudirman, pendiri asosiasi bank sampah Indonesia ini menyatakan keinginannya membentuk bank sampah induk provinsi sebagai mata rantai pemasaran sampah di Sulawesi Selatan.

Korprov STBM Dinkes SulSel, Sarmada menyampaikan, pelaksanaan kegiatan lomba pungut sampah ini atas kerja sama Dinkes Sulsel melalui Seksi Kesehatan Lingkungan, IKA Unhas, Dinkes Bone, Puskesmas Bakunge, Puskesmas Ponre, Puskesmas Libureng.

"Tujuan agar semua kegiatan di masyarakat, sampah jadi perhatian. Di desa/kelurahan di Sulsel akan terbentuk Bank Sampah. Ini salah satu Pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat)," jelasnya. (*)


Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN