Masyarakat Dusun Salosibalie di Bantaran Sungai Cenrana Butuhkan Transportasi Ambulance Air

SOROTMAKASSAR -- Bone.

Masyarakat Kabupaten Bone khususnya warga Kecamatan Cenrana yang berada di bantaran Sungai Cenrana membutuhkan transportasi air atau Ambulance Air untuk pelayanan kesehatan saat keadaan darurat.

Ambulance Air sebagai akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang akan dirujuk ke Puskesmas ataupun Rumah Sakit. Pasalnya daerah tersebut tidak bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kecamatan Cenrana yang dikelilingi sungai butuh waktu sekitar 40-50 menit untuk warga yang membutuhkan pelayanan medis menuju Puskesmas ataupun Rumah Sakit.

"Warga Cenrana khususnya Dusun Salo Sibalie menuturkan, sulitnya mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal dikarenakan jarak kampung menuju Puskesmas membutuhkan waktu sekitar 40-50 menit dengan jarak sekitar 4 kilometer," tutur salah satu warga saat dikunjungi tim media.

Ia menambahkan, ada salah satu warga Dusun Salo Sibalie harus melahirkan diatas perahu kecil dikarenakan waktu tempuh yang cukup jauh menuju Puskesmas ataupun Rumah Sakit.

"Kami selaku warga Dusun Salo Sibalie, Desa Nagauleng, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone berharap adanya perhatian dari Pemerintah Daerah maupun lembaga yang bisa membantu pengadaan Ambulance Air sebagai transportasi darurat untuk pelayanan kesehatan bagi warga Salo Sibalie," harap warga Dusun Salo Sibalie.

Sementara itu Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Kecamatan Cenrana Suardi Mappa, SE, FFP, AIAM, AFA menuturkan, memang seharusnya Pemerintah Daerah dalam hal ini pemerintah setempat harus memperhatikan keadaan warga yang tinggal di sekitar bantaran Sungai Cenrana yang butuh pelayanan kesehatan maksimal.

"Dimana kesehatan merupakan salah satu indikator pembangunan manusia dan perekonomian bangsa. Kemudian lanjutnya, salah satu yang ingin diwujudkan dalam pembangunan yang berkelanjutan (SDGs) yakni Universal Health Coverage (UHC) yang merupakan suatu keadaan dimana setiap orang dapat menerima kebutuhan dasarnya berupa layanan kesehatan mulai dari upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif," ucap Suardi Mappa saat diwawancarai di kediamannya.

"Salah satu kebutuhan mendasar yang saat ini dibutuhkan warga Cenrana khususnya Dusun Salo Sibalie adalah Ambulance air. Sebagai layanan operasional bupati untuk melayani pasien yang akan dirujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan rujukan yakni Puskesmas dan Rumah Sakit," tutur Suardi.

Ia berharap agar pemerintah ataupun anggota DPRD Bone dapat mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan warga, yakni Ambulance Air sebagai kendaraan penunjang fasilitas layanan kesehatan masyarakat. (Asywar MNJI)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN