Koordiv Hukum dan Pengawasan KPU Sulsel Tekankan Pentingnya Pendidikan Etik Penyelenggara Adhoc

SOROTMAKASSAR -- Selayar.

Tampil menjadi pembicara dalam pelaksanaan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Penanganan Pelanggaran Administrasi Kode Etik dan Sengketa Pemilu, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan, Uppi Hastati berharap agar pelaksanaan bimtek mengandung manfaat, berkah, dan berkesesuaian dengan regulasi dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Uppi Hastati menguraikan, pelaksanaan bimtek ini merupakan kegiatan pertama dalam rekaman memory Komisioner KPU Provinsi Sulsel selaku penyelenggara tekhnis Pemilu di level provinsi, guna menghadirkan sebuah agenda kegiatan untuk melahirkan momentum pendidikan etik bagi penyelenggara badan adhoc tingkat kabupaten yang berjalan seiring dengan lahirnya, regulasi PKPU Nomor 8 tahun 2009 yang dirubah dengan PKPU Nomor 3 tahun 2020.

Hal ini kata dia, telah diatur lebih spesifik oleh PKPU, tentang struktur badan adhoc pada penyelenggaraan Pilkada yang kemudian diperkuat dengan PKPU Nomor 8 dan Nomor 3, yang mengatur penanganan etik penyelenggara Pilkada.

Lebih lanjut ia mengutarakan, penanganan etik menjadi penting untuk diterapkan pada level penyelenggara Pemilu tingkat bawah dengan melihat dan mencermati akan banyaknya indikasi pelanggaran yang terjadi pada penyelenggaraan pemilu-pemilu sebelumnya, baik di level nasional, maupun di level regional yang terkadang melibatkan penyelenggara adhoc, dan penyelenggara tingkat kabupaten, provinsi dan bahkan sampai pada level KPU RI.

Uppi tampil sebagai pembicara di hadapan 44 orang peserta bimbingan tekhnis yang terdiri atas Ketua dan anggota PPK se-Kabupaten Kepulauan Selayar pada Jumat (07/08/2020) pagi. (Andi Fadly)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN