Kadis Pertanian Gowa Sebut Cuaca Ekstrim Tak Pengaruhi Bibit Padi

SOROTMAKASSAR -- Gowa.

Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Gowa, Sugeng Priyatno, Rabu (02/01/2019) mengatakan, cuaca ekstrim dengan curah hujan yang sangat tinggi terus mengguyur wilayah Kabupaten Gowa dalam dua pekan ini.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura ini menjelaskan, hasil pertanian di wilayah Kabupaten Gowa untungnya tidak terpengaruh adanya cuaca ekstrim ini.

Menurut Sugeng, pertanian saat ini masih dalam tahapan masa tanam. Sugeng mengaku telah melakukan berbagai upaya, salah satunya memperbaiki saluran pembuangan di setiap sawah milik petani.

Sementara, untuk petani yang belum menanam, akan ditunda satu hingga dua hari, sampai volume air akibat hujan ini menurun.

"Secara umum, musim hujan kali ini pengaruhnya tidak terlalu besar, karena petani saat ini pada posisi baru menanam, atau baru memasuki musim tanam," kata Sugeng.

Sugeng melanjutkan, prediksi puncak panen nantinya akan berada pada akhir maret hingga awal April. Masa itu merupakan peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Ia juga mengaku terus mengupayakan perbaikan saluran pembuangan mengingat Kabupaten Gowa merupakan daerah rawan banjir.

Kemudian pada saat panen pun, pihaknya akan menyediakan alat pengering untuk gabah-gabah yang telah di panen, jika suatu saat terjadi hujan dan tidak memungkinkan untuk menjemur gabah.

Menurutnya, Dinas Pertanian terus mendampingi petani dengan asuransi jika mengalami gagal panen diatas 75 persen. (alfian)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN