Antisipasi Api Meluas, Personil Polsek Bungaya Bersama Warga Beraksi Memadamkan Api


SOROTMAKASSAR -- Gowa.

Berawal dari laporan warga masyarakat ke Polsek Bungaya tentang kebakaran Hutan Pinus di Kampung Balang Loe Lingkungan Rappodaeng, Kelurahan Sapaya, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa yang terjadi pada Senin (16/09/2019) siang sekitar pukul 11.00 Wita.

Dari informasi tersebut kemudian Aiptu Khaerun bersama seluruh anggota bergegas mendatangi lokasi kebakaran.

Dalam waktu 1 jam dengan berjalan kaki dan penuh perjuangan akhirnya personil Polsek Bungaya bersama warga sekitar tiba di lokasi kebakaran, selanjutnya beraksi memadamkan api menggunakan peralatan seadanya.

Upaya pemadaman api dilakukan menggunakan ranting pohon dengan cara dipukul-pukulkan pada titik api serta melempar titik api menggunakan tanah.

Alhasil pada pukul 13.00 Wita, semua titik api berhasil dipadamkan dan dari informasi yang dihimpun bahwa api berasal dari tengah kawasan hutan pinus dimana dalam hutan tersebut banyak terdapat semak-semak atau ilalang yang sudah mati dan kering kemudian meluas akibat terpaan angin yang kencang.

"Luas hutan pinus yang terbakar sekitar 1 hektar, dan bersyukur tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut," ungkap Aiptu Khaerun.

"Hingga berita ini diturunkan belum diketahui pemicu kebakaran dan masih dalam penyelidikan anggota Polsek Bungaya," tambahnya.

Di tempat Terpisah Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga, SIK, MSi melalui Kapolsek Bungaya AKP Misbahuddin S,Sos  mengapresiasi kesigapan anggota dalam mengantisipasi kejadian ini dan mengimbau kepada seluruh warga di Kecamatan Bungaya untuk  bahu membahu bersama anggota Polsek dalam mengantisipasi kebakaran hutan.

"Kebakaran hutan merupakan prioritas utama Polri untuk diperhatikan, dan Polres Gowa akan tegas terhadap para pelaku jika ditemukan fakta keterlibatan seseorang," tutupnya. (*vn)
 

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN