Masjid HM Cheng Hoo Tanjung Bunga Laksanakan Pemotongan Hewan Kurban

Pin It

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Pelaksanaan shalat Idul Adha 1440 Hijriah berlangsung di Masjid HM Cheng Hoo Tanjung Bunga Makassar dengan Khatib KH DR. Bahri Mappiasse, Imam Ustad Agus Ramdani, berlangsung Minggu (11/08/2019) pagi pukul 09.00 Wita, dan dilanjutkan pemotongan hewan kurban dari pengurus dan jamaah Masjid Cheng Hoo. 

Pemotongan hewan kurban sebanyak 12 ekor sapi, di saksikan Ketua DPW Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sulsel Haji Kwan John Adam FM dan pengurus lainnya Moeh David Aritanto, Jackie Suliawan, Wakil Bendahara Yayasan Ramlah Aksa - Chairil HS, Panitia Kurban, jamaah dan warga sekitar Masjid HM Cheng Hoo Tanjung Bunga Makassar.

Ketua DPW Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sulsel, Haji Kwan John Adam FM mengatakan, pemotongan herwan kurban ini gabungan dari DPW PITI Provinsi Sulsel dan jamaah Masjid HM Cheng Hoo Tanjung Bunga Makassar. 

Dua kelompok dijadikan satu. Dan Alhamdulillah tahun 2019 kita mengumpulkan 12 ekor sapi. Kegiatan ini sudah berlangsung 4 tahun berturut-turut. 

“Distribusi ke masyarakat dapat teratasi dengan baik. Dengan cara membuat kupon untuk kita serahkan ke RT dan RW. Panitia menyerahkan kupon ke ketua RW dan membagikan ke warganya, berdasarkan biodata warga untuk memasukkan dalam daftar,” kata H. John sapaan akrabnya.

Hal senada disampaikan Anggota Panitia Kurban Idul Adha di Masjid HM Cheng Hoo, Jackie Suliawan, penyaluran daging kurban kepada warga hanya di Kelurahan Maccini Sombala dan Kelurahan Tanjung Merdeka.

Humas DPW PITI Sulsel Moeh David Aritanto menambahkan, setahu saya PITI yang pertama menggagas cara-cara agar tertib pembagian hewan kurban. Tiap-tiap jamaah yang masuk peserta kurban dikasih ember yang isinya 3 kg daging kurban yang sudah diberi nama dengan sticker masjid.

“Setelah daging kurban dibagikan ke masing-masing peserta kurban maupun warga yang mendapatkan kupon, lantas masih ada sisa daging, maka dibuatkan kupon khusus warga PITI dan masyarakat. Insya Allah, semuanya akan mendapat daging kurban," jelas David.  

Lebih jauh Haji Kwan John Adam FM mengurai kegiatan-kegiatan  PITI dengan pengelolaan di Masjid HM Cheng Hoo, kegiatan zikir setiap malam Jumat, pengajian setiap pekannya, hafiz (penghafal alquran) dan mengajar mengaji kepada anak-anak warga sekitar.

Selain itu, kegiatan sosial sudah beberapa kali dilaksanakan, seperti saat ulang tahun milad Masjid Cheng Hoo diadakan donor darah bekerjasama PMI Sulsel, lomba hafiz.

Harapannya, DPW Piti Sulsel bisa berkembang lebih besar karena  Masjid Muhamaad Cheng Hoo di seluruh Indonesia sudah berjumlah 18. Dua diantaranya di Sulawesi Selatan, Kota Makassar dan Kabupaten Gowa. 

”Program kerja satu dua tahun ke depan, membuka DPW yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Khususnya dari Dewan Penasehat PITI secepatnya membuka DPW Kabupaten Bone, Kota Parepare, Bantaeng dan Bulukumba," tandas H. John yang dikenal juga Ketua Yayasan Kharisma Makassar. (rk)
 

Top Hit

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN