I Gede Sujana, Sejak Kecil Sudah Akrab dengan Industri Hospitality


SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Berangkat dari seorang Asisten Pelayan, siapa yang menyangka I Gede Sujana kini bisa menjadi seorang General Manager (M) di Hotel Four Points ?

Sejak kecil, I Gede Sujana sudah akrab dengan Industri hospitality. Keluarganya mencari penghasilan dari sektor pariwisata di pulau Bali, apalagi kala itu sektor pariwisata sedang tumbuh pesat. 

Hingga kemudian pada tahun 1998, I Gede Sujana menjadi seorang Asisten Pelayan dan hal tersebut merupakan awal karirnya di Industri Hospitality.

"Sejak awal saya sudah masuk di perhotelan. Pernah di luar negeri juga dan paling lama saya berada di Brunai Darusalam," ceritanya kepada media ini, Rabu (29/05/2019).

Ia melanjutkan, posisi terakhir yang dijabat saat itu Asisten Project Manager. Setelah itu dirinya kembali ke tanah air dan bergabung dengan Porsition Derectur Restoran and Western yang dinaungi oleh jaringan hotel internasional, dan basenya di Kanada.

Disana dirinya bekerja selama satu setengah tahun. Lepas dari sana, I Gede Sujana masuk ke Rizt Colton yang berada dibawah naungan Marriot sebagai Asisten Direktur. 

Selama dua tahun menjabat Asisten Direktur, I Gede kembali lagi ke tanah kelahirannya Bali. Atas pengalamannya, dia lantas mencoba peruntungan, dan pria kelahiran 4 januari 1975 ini mengikuti Opportunity. 

Ketika itu ada pembukaan hotel baru, lalu dia dipercaya mengisi jabatan direktur, di Hotel Doubleyou. Dan di Hotel Doubleyou, dia hanya satu setengah tahun. Lalu kembali lagi ke jakarta di Luxury Hotel kelas Indonesia dibawah naungan Starwood selama hampir tiga tahun dirinya di brand yang sama. 

"Sampai ada kesempatan lagi, dirinya dipercaya buka hotel baru di Borobudur. Setelah ramai saya dipanggil lagi kembali ke jaringan Marriot yaitu hotel Sheraton Gandaria Jakarta," ujarnya. 

Selama disana, ayah dua anak ini diperbantukan membuka hotel di Belitung selama lima bulan. Selanjutnya untuk pertama kalinya I Gede Sujana menginjak tanah para daeng. 

Lebih lanjut, ia mengisahkan, semua posisi baik di dunia perhotelan dan restoran sudah dia jalani. Mulai dari Asisten Pelayan, Waiter,  Kasir dan hampir segala lini dia jajaki. 

Namun, dia terus mengikuti Training dan Opportunity serta mencoba. Selain itu,  hasratnya yang menyukai bertemu banyak orang dan traveling yang menjadikannya terjun ke dunia perhotelan

"Saya suka kepantai. Ngobrol dengan orang bule sudah sejak kecil saya menyukai dunia ini dan memang basic saya," katanya. 

Dukanya terjun di dunia Industri Hospitality, waktu bersama keluarga sangat kurang. Beruntung I Gede Sujana memiliki isteri yang pengertian.

Duka lain yang ia dapati, ketika Rizt Colton diguncang bom pada tahun 2009. Padahal pihak hotel sudah mengeluarkan banyak biaya guna menyambut kedatangan club MU. 

"Kita agak sulit mengembalikan nama baik. Kita setengah mati mengadakan promosi ke komunitas dan partai ketika itu," tuturnya. (ht)
 

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN