In Memoriam Zulkarnaen Ali Naru : Maaf Dinda Naen, Salammu Belum Tersampaikan

 

Oleh : Andi Pasamangi Wawo (Ketua DP-PWI Sulsel)

Sehari penuh, saya benahi pekarangan dan taman, hingga HP tak pernah saya pegang. Tetap di tempat tidur. Menjelang Magrib, saya baru intip HP. Dan, bu Ani Nurlia, seorang Pengurus PWI Sulsel, sampaikan berita duka, sekaligus menanyakan alamat rumah duka Ir. Zulkarnaen Ali Naru yang akrab saya panggil Naen. Dia adik letting di kewartawanan, pernah bersama di Suratkabar Pos Makassar tahun 80an hingga awal 2000an. Saya Pimpinan redaksi/ Penanggungjawab harian, Ani Nurlia Sekred dan almarhum Redaktur.

Karenanya, ketika media daring lagi viral dan media cetak mulai suram, almarhum minta agar saya duduk sebagai Pimpinan Umum di Posmakassar.com sebagai salahsatu syarat mutlak karena saya memiliki predikat Wartawan Utama dari Dewan Pers yang lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan Pertama 2011 di Sulsel.

Kini owner Posmakassar.Com dan Pengurus PWI Sulsel itu telah pergi menghadap Khaliqnya, setelah 2 kali operasi tenggorokan beberapa waktu lalu. Hingga, komunikasi selama ini hanya lewat Whatsaap.

Minggu lalu terakhir saya berkomunikasi ketika dia memuat tulisan saya di medianya atas penutupan W Superclub oleh Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Dr. H. Mokhammad Ngajib, SIK, MH.

"Kalau ketemu ki pak Kapolrestabes, tolong sampaikan salamku. Saya kenal baik ketika beliau di Vice Control Poltabes Makassar, kanda," tulisnya.

Saya balas, "Inshaa Allah kalau bertemu, nanti saya hubungi dan kalau perlu saya ajak bersama dinda".

Setelah itu, tak ada lagi komunikasi akibat kesibukan saya setiap hari berpartisipasi di Kelurahan Manggala yang mewakili Kota Makassar dalam Lomba Desa/Kelurahan Terpadu tingkat Provinsi Sulsel.

Maaf dinda, saya terlambat mengetahui kepergianmu yang mendadak sekalipun saya segera bergegas bersama Wartawanmu, Haji Bakir Tola. Redaktur Pelaksanamu Andi Dewa Pasamangi Wawo, tak sempat karena anaknya lagi diopname di RS Hermina.

Namun ketika memasuki lorong rumahmu di Jalan Tarakan samping PT Serdid, sejumlah karangan bunga masih berjejer rapih menyampaikan duka mendalam atas kepergianmu untuk selamanya.

Menurut tetanggamu, engkau dikebumikan tadi siang, Sabtu (22/6/2024) di pekuburan Arab Jl. Kandea, Makassar. Informasi awal yang saya peroleh, seharusnya besok di kampungmu, Sengkang Kabupaten Wajo.

Maaf lagi, salam kamu belum tersampaikan. Berharap, semoga tulisan ini terbaca oleh pak Kapolrestabes yang memang selalu akrab dengan sejumlah Wartawan ketika masih Perwira Pertama, dulu.

Innalillahi Wainnailaihi Rajiun... Selamat jalan dindaku yang baik.
Sebagai teman di medsos, saya sering mengikuti aktivitasnya di postingan Facebook, seringkali almarhum menyempatkan diri melaksanakan Umroh di Tanah Suci.

Semoga amal ibadahmu diterima Allah SWT dan mengampuni segala kekhilafanmu selama hidup di dunia fana ini.

Tidurlah dengan nyenyak di sisiNYA. "Ilaa qadrati hususan ruh akmarhum Zulkarnaen Bin Ali Naru". Saya membaca, Alfatihah..., Aamiin YRA. (*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN