PIISEI Cabang Makassar Adakan Kegiatan Seminar Kesehatan Reproduksi Pasca Menopause

SOROTMAKASSAR -- MAKASSAR,

Perkumpulan Istri Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (PIISEI) Cabang Makassar, mengadakan kegiatan "Seminar Kesehatan Reproduksi Pasca Menopause yang berlangsung di Aula Prof. Dr. H. Abdurrahman A. Basalamah, lantai 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia, Kamis (30/05/2024) kemarin.

Hadir sebagai pembicara, Dekan Fakultas Kedokteran UMI, Dr. dr. Nasruddin Andi Mappaware, SpOG (K), Objin, MARS, MSc, yang membawakan judul "Kesehatan Reproduksi Usia Menopause" dengan moderator Dr.Andi Tenriwaru ,SE, M.Ak, yang juga bertindak selaku Ketua Panitia kegiatan.

Selain pengurus dan anggota PIISEI, turut hadir dalam seminar ini, Ketua PIISEI Cabang Makassar, Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA, yang juga merupakan Ketua Pengurus Yayasan Wakaf UMI.

Dalam pemaparannya, Dr. dr. Nasruddin menyatakan, terdapat beberapa ciri jika wanita telah masuk masa menpause. Diantaranya, sering pusing dan mudah pingsan, kulit mulai keriput, libido menurun. "Kemudian, tanda-tanda wanita menjelang menopause, itu diikuti dengan haid yang tidak teratur dan nafas sering sesak. Selain itu, terkadang susah tidur dan jantung yang sering berdebar," paparnya.

Adapun kronologis masa kehidupan wanita, kata Dr. dr. Nasruddin, dimulai dari masa kanak-kanak yakni antara umur 0-8 tahun. Kemudian, masa pubertas dimulai pada usia 8-11 tahun, namun masa pubertas ini bervariasi bagi wanita. Ada yang hingga usia 12-13 tahun. Masa reproduksi seorang wanita itu dimulai paa usia 12-40 tahun.

"Masa klimekterium seorang wanita itu terdiri dari tiga fase, yakni pre-menopause, post-menopause dan pre-senium. Masa ini dimulai sejak wanita memasuki usia antara 40-65 tahun. Setelah itu, seorang wanita akan masuk ke tahap senium, yaitu usia di atas 65 tahun," terangnya.

Kegiatan yang berlangsung cukup menarik ini, dirangkaikan pula dengan acara arisan pengurus dan anggota PIISEI. Ketua Bidang Publikasi PIISEI Cabang Makassar, Rahmiah, SE, MM, menyatakan, kegiatan tersebut selain menjadi ajang silaturahmi antara anggota dan pengurus PIISEI, juga menjadi tempat menimba ilmu. "Terlebih dengan adanya seminar yang bertemakan tentang menopause bagi seorang wanita," pungkasnya saat ditemui seusai kegiata. (zl)

 

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN