Mantap, 13 Puskesmas di Sinjai Raih Akreditasi Paripurna

SOROTMAKASSAR - SINJAI.

Mutu pelayanan kesehatan Puskesmas di Kabupaten Sinjai semakin baik dan bermutu. Hal itu dibuktikan setelah 13 puskesmas berhasil meraih Akreditasi Paripurna dari Lembaga Akreditasi Kementerian Kesehatan.

Di Bumi Panrita Kitta sendiri terdapat 16 Puskesmas dan Labkesda yang telah mengikuti survei akreditasi pada bulan November dan Desember 2023. 3 Puskesmas sisanya dan Labkesda masih menunggu hasil.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (16/1/2024) menyampaikan rasa syukur atas raihan tersebut.

"Alhamdulillah sampai saat ini sudah ada 13 puskesmas yang sudah ada hasilnya dan semuanya meraih Parpurna. Kita masih tunggu hasil untuk 3 puskesmas dan juga Labkesda Dinkes Sinjai dan kita targetkan juga bisa meraih Paripurna," ungkapnya.

Disebutkan, 13 Puskesmas yang meraih predikat paripurna ini adalah Puskesmas Manipi, Puskesmas Tengalembang, Puskesmas Biji Nangka, Puskesmas Borong Kompleks, Puskesmas Samataring, Puskesmas Lappae, Puskesmas Aska, Puskesmas Bulupoddo, dan Puskesmas Lappadata.

Selain itu, Puskesmas Balangnipa, Puskesmas Kampala, Puskesmas Pulau Sembilan, dan Puskesmas Mannanti. Sedangkan 3 Puskesmas yang sementara ini menunggu hasil survei akreditasi adalah Puskesmas Panaikang, Puskesmas Samaenre dan Puskesmas Manimpahoi.

Pencapaian ini, kata Kadinkes, tak lepas dari kerja keras petugas kesehatan puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan. Selain itu tentunya dibarengi dengan dukungan yang kuat dari Dinas Kesehatan dan Pemkab Sinjai.

"Apa yang kita capai saat ini tidak lepas dari dukungan penuh bapak Pj. Bupati dan Sekda Sinjai yang hampir mengikuti semua pelaksanaan survei akreditasi. Tentu ini menjadi komitmen dari Pemkab dalam peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat," ujarnya.

Capaian hasil survei akreditasi ini meningkat dibanding pada survei akreditasi pada tahun 2019 lalu. Dimana kala itu hanya ada 3 Puskesmas di Sinjai yang meraih predikat Paripurna.
 
dr. Emmy menjelaskan, sertifikat akreditasi paripurna yang diperoleh ini merupakan penilaian surveyor dari lembaga akreditasi, namun dirinya mengingatkan bahwa surveyor yang sesungguhnya adalah masyarakat.

"Olehnya itu wajib bagi teman-teman di puskesmas untuk menunjukkan kinerja pelayanan puskesmas yang jauh lebih maksimal," jelasnya.

Ia selanjutnya berharap, pengakuan akreditasi paripurna yang didapatkan itu bisa memotivasi seluruh petugas kesehatan untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan mempertahankan atas capaian ini.

Akreditasi Paripurna merupakan predikat penilaian tertinggi yang diberikan oleh surveyor dari lembaga penyelenggara akreditasi kepada puskesmas berdasarkan penilaian fasilitas kesehatan dan standar mutu pelayanan kesehatan. (adz)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN