Umat Buddha Padati Puja Bakti Trisuci Waisak 2567 TB/2023

 

SOROTMAKASSAR - MAKASSAR.

Umat Buddha memperingati Hari Trisuci Waisak 2567 TB/2023 pada Minggu (4 Juni 2023) pukul 11.41.19 WITA (Detik-detik Waisak). Mereka antusias memadati Puja Bakti Trisuci Waisak yang diadakan berbagai vihara, klenteng, dan cetiya.

Salah satunya, Klenteng Kwan Kong (Rumah Ibadah Satya Dharma) Makassar yang mengadakan Puja Bakti Trisuci Waisak di lantai lima gedung baru. Sebagai penanggungjawab adalah pengurus Keluarga Buddhis Brahmavihara (KBBV) Makassar.

Hari Trisuci Waisak memperingati tiga peristiwa agung berkenaan kehidupan Sang Buddha Gotama, yaitu kelahiran, pencapaian penerangan sempurna, dan kemangkatan (Parinibbana). Tiga peristiwa agung ini terjadi dalam bulan Vaisaka.

Puja Bakti Trisuci Waisak dihadiri bhikkhu Sangha Theravada Indonesia. Yaitu Ketua Bhikkhu Daerah Pembinaan Provinsi (Padesanayaka) Sulawesi Selatan, YM. Bhikkhu Silayatano dan YM. Bhikkhu Dhirasarano.

Hikmah Waisak dibawakan Bhikkhu Dhirasarano, yang mengajak umat mengingat kembali 3 peristiwa penting kehidupan Sang Buddha saat Waisak. Juga untuk meneladani Sang Buddha dalam bentuk mempraktikkan Dhamma yang diajarkan dengan laku bajik.

Kedamaian menjadi kebutuhan setiap orang dalam kehidupan bermasyarakat. Karenanya, poin Dhamma tentang moral (sila) menjadi salah satu aspek penting untuk mewujudkan kedamaian.

Seperti tertuang dalam Saraniyadhamma Sutta, moral mendukung tujuan agar saling mengingat, saling mencintai, saling menghormati, saling membantu, dan saling menghindari percekcokan. Semua hal itu akan mendukung kerukunan, persatuan, dan kesatuan.

"Maka dari itu, memperkokoh moral untuk membangun kedamaian menjadi hal yang sangat perlu untuk dilakukan," pesan Bhikkhu Dhirasarano.

Suasana khidmat sangat terasa saat Puja Bakti Trisuci Waisak. Delapan puluh umat beragam usia mengikuti secara khusyuk seluruh rangkaian Puja Bakti Trisuci Waisak yang berlangsung pada siang itu. (mi_dhata)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN