Puskesmas Ujung Tombak Prevalensi Stunting, Pj Sekda Basra : Ada Kendala Libatkan Lintas Sektor

SOROTMAKASSAR - SIDRAP.

Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB (Dinkes Dalduk KB) Kabupaten Sidenreng Rappang mengadakan pertemuan publikasi stunting Kabupaten, Jumat 25 November 2022, di Ballroom Al-Goni Hotel Grand Sidny, Kelurahan Pangkajene, Kecamatan Maritengngae.

Kegiatan dihadiri Penjabat Sekda Sidrap, H. Basra yang juga merupakan Kepala Dinkes Dalduk KB Sidrap. Ia didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinkes Dalduk KB Sidrap, Hj. Mu'minah.

Hadir sebagai narasumber, Tim Iney Bangda Kemendagri, Lukman Nurhakim, Staf Kesga dan Gizi Dinkes Provinsi Sulsel, Ahmad Ismail, dan Kepala Bidang Humas IKP Dinas Kominfo Sidrap, Anwar D. Nurdin.

Lanjut H. Basra mengatakan, salah satu intervensi penurunan stunting terintegrasi yang dilaksanakan Kabupaten Sidrap adalah aksi ke-7 yaitu pengukuran data dan publikasi stunting.

"Pertemuan publikasi hasil pengukuran data stunting adalah upaya untuk memperoleh data prevalensi stunting terkini pada skala layanan Puskesmas, Kecamatan dan hingga Desa," terang Basra.

Ditambahkan Basra, kebijakan penanggulangan stunting antara lain diarahkan melalui strategi intervensi gizi sensitif dengan keterlibatan Iintas sektor.

“Ini dilakukan dengan berbagai kegiatan pembangunan di luar sektor kesehatan seperti penyediaan air bersih, sanitasi, pendidikan gizi, serta ketahanan pangan dan gizi,” jelas H. Basra.

“Dikatakan H. Basra, pembinaan gizi masyarakat bertujuan meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan gizi keluarga untuk meningkatkan status gizi ibu hamil, ibu menyusui, bayi, dan balita yang dilakukan melalui kegiatan promotif, preventif dan kuratif,” ungkap Basra.

Sementara itu, Kabid Kesmas, Mu’minah menjelaskan, Dinkes Dalduk KB Sidrap telah melakukan pengukuran status gizi balita secara total coverage melalui aplikasi e-PPGM.

“Ini membawa Kabupaten Sidenreng Rappang mendapatkan penghargaan dari Gubernur Sulsel sebagai cakupan entry tertinggi dari 24 kabupaten/kota selama 2 tahun berturut-turut,” ungkap Mu'minah.

Kegiatan publikasi stunting ini dihadiri para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Sidrap, dan Tim Stunting dan undangan lainnya. (Risal Bakri)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN