Bawaslu Bantaeng Ikuti Kegiatan Fasilitasi dan Pelaporan DPB di Toraja Utara

SOROTMAKASSAR - RANTEPAO.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Fasilitasi dan Pelaporan Hasil Pengawasan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2022 bertempat di Hotel Misiliana Toraja Utara, Selasa 05 Juni 2022.

Hadir dari Bawaslu RI, Lolly Suhenti, S.Sos, MH selaku Koordinator Divisi Pencegahan,Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyaakat sekaligus Wakil SDM dan Diklat Bawaslu RI sebagai narasumber sekaligus membuka acara.

Turut hadir jajaran Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Uslimin Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, dan Koordiv Pengawasan Bawaslu Kabupaten/Kota.

"Kegiatan ini akan merampungkan progres kegiatan Pengawasan Pemuktahiran Data Pemilih," ungkap Arumahi.

Esensi kegiatan ini bagaimana Bawaslu menjaga hak pilih warga negara agar tidak ada yang hilang dan memilih berulang. Tetapi bawaslu perlu memastikan seluruh proses penyelenggaraan berjalan sesuai aturan maka Bawaslu hadir untuk mengawasi.

Senada dengan itu Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyaakat Bawaslu RI, Lolly Suhenti, S.Sos, MH mengatakan, Bawaslu harus melakukan kerja kerja pengawasan, tata cara dan proses hingga hasil terkait Pemuktahiran Data Pemilih.

"Hasil Uji petik yang direkomendasikan ke KPU harus dipastikan untuk dilaksanakan, dan tentu perlu diperkuat koordinasi dan evaluasi antar penyelenggara. Koordinasi bisa benar jika dibarengi kepercayaan sehingga keterbukaan antar penyelenggara maka tidak ada lagi ketertutupan data untuk pemilu yang berkualitas," kata Lolly Suhenti.

Selain itu dijelaskan Lolly, seluruh tahapan PKPU No 3 harus dipahami. "Bawaslu harus menjaga Independensi, Netralitas dan Integritas dan ketiganya harus terlihat di masyarakat, gestur tubuh harus dijaga karena menjadi pejabat publik dan bekerja di Bawaslu sudah menjadi kontrol publik, tak ada lagi alasan Gagap Pengawasan. Waktu Belajar telah selesai, sekarang saatnya kerja profesional dan terukur," tegasnya. (*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN